Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan pada lembaga PAUD di Kota Makassar, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemilihan model pembelajaran dan untuk mengetahui keterkaitan antara penggunaan model pembelajaran dengan tingkat kepercayaan masyakat. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif, yaitu suatu metode yang mengamati, menganalis dan menggambarkan fenomena yang terjadi yang meliputi: planing, organizing, actuating, controlling dan faktor-faktor yang memiliki kontribusi terhadap penerapan model pembelajaran pada satuan PAUD di Kota Makassar. Jenis dan sumber data menggunakan jenis data kualitatif dengan sumber data responden yang dibagi menjadi dua yaitu: sumber primer dan sumber sekunder. Dengan demikian peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru Taman Kanak-Kanak di Kota Makassar. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan tehnik tehnik cluster random sampling dengan teknik analisis data mengikuti langkah- langkah seperti yang dianjurkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran di taman kanak-kanak kota makassar pada umumnya digunakanmodel pembelajaran sentra, kelompok dan area yang didominasi oleh model pembelajaran sentra. Adapun faktor yang mempengaruhi penerapan model pembelajaran adalah ketersediaan sumber daya manusia dan sarana prasarana lembaga. Sementara keterkaitan tingkat kepercayaan masyarakat dengan penggunaan model pembelajaran ditemukan bahwa penggunaan model sentra memiliki tingkat kepercayaan masyarakat yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran lainnya.