HAKIKAT DAN TUJUAN PEMBELAJARAN IPS

Main Author: Rosmalah, Rosmalah
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Sosial UNM , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/21363/2/jurnal%20humanis.pdf
http://eprints.unm.ac.id/21363/1/peer%20reviewer%20jurnal%20humanis.pdf
http://eprints.unm.ac.id/21363/
Daftar Isi:
  • Abstrak Tenaga Pengajar harus mencari kiat-kiat atau jurus-jurus baru dan strategi yang tepat, agar proses pembelajaran lebih menarik dan berhasil. Dengan kata lain tenaga pengajar harus aktif, banyak ide dan kritis terhadap situasi yang ada. Pemerintah harus berupaya untuk meningkatkan kualitas para siswa sekolah dasar, khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hakikat IPS adalah telaah tentang manusia dan dunianya. Manusia sebagai makhluk sosial selalu hidup bersama dengan sesamanya. Dengan kemajuan teknologi pula sekarang ini orang dapat berkomunikasi dengan cepat di manapun mereka berada melalui handphone dan internet. Kemajuan Iptek menyebabkan cepatnya komunikasi antara orang yang satu dengan lainnya, antara negara satu dengan negara lainnya. Dengan demikian maka arus informasi akan semakin cepat pula mengalirnya. Oleh karena itu diyakini bahwa "orang yang menguasai informasi itulah yang akan menguasai dunia".