Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pengembangan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Main Author: | Rosmalah, Rosmalah |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Makassar
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/21318/1/jurnal%20JIKAP%20vol.%204%20no.%202%20tahun%202020.pdf http://eprints.unm.ac.id/21318/2/peer%20reviewer%20JI%28AP%20PGSD%20vol%204%20no%202%20Mei%202020.pdf http://eprints.unm.ac.id/21318/5/turnitin%20jurnal%20JIKAP%20vol.%204%20no.%202%20tahun%202020.pdf%20-%20Rosmalah%20Rosmalah.pdf http://eprints.unm.ac.id/21318/ https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/13685 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Guru Terhadap Pengembangan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Tematik di SD Mitra PGSD Watampone. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru mengenai pengembangan karakter siswa akan berdampak pada kemampuan guru dalam mengelola sebuah pembelajaran yang diarahkan tidak hanya pada pengembangan aspek pengetahuan dan keterampilan siswa akan tetapi juga memfasilitasi siswa untuk mempunyai karakter yang kuat. Pengembangan karakter siswa cenderung memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dikarenakan aspek ini bersifat sangat abstrak dan butuh observasi mendalam. Karakter yang dikaji meliputi sikap tanggung jawab, kejujuran, disiplin, cinta dan kasih sayang, dan kepedulian.