KEEFEKTIFAN STRATEGI 3M (MENIRU, MENGOLAH, DAN MENGEMBANGKAN) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII MTS DDI KANANG KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Main Author: Riswan, Riswan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/21156/1/Artikel%20Riswan_1651040010.pdf
http://eprints.unm.ac.id/21156/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar menulis teks eksplanasi dengan menggunakan strategi ekspositori di kelas kontrol ; (2) mendeskripsikan hasil belajar menulis teks eksplanasi dengan menggunakan menggunakan strategi 3M di kelas eksperimen ; dan (3) menguji keefektifan strategi 3M dalam menulis teks eksplanasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-postest control grub design. Data dalam penelitian ini merupakan data hasil belajar siswa. Instrumen penelitian terdiri dari pedoman penelian menulis teks eksplanasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui obesrvasi, pretes, perlakuan dan postes. Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian mengungkap hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan strategi ekspositori, hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan strategi 3M, dan keefektifan strategi 3M dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. (1) Pada kelas kontrol, hasil yang diperoleh siswa pada tes awal (pretes) dikategorikan kurang efektif. Hanya satu siswa yang nilainya berkategori efektif dan lima siswa yang nilainya berkategori cukup efektif dari jumlah keseluruhan 26 siswa, nilai rata-rata pada tes ini adalah 62,15. Sedangkan pada hasil tes akhir (postes) masih dikategorikan kurang efektif. Hanya satu siswa yang nilainya berktegori efektif dan enam siswa berkategori cukup efektif dari jumlah keseluruhn 26 siswa, dengan nilai rata-rata 65,59. (2) Pada kelas Eksperimen, hasil yang diperoleh siswa pada tes awal (pretes) dikategorikan kurang efektif, Hanya satu siswa yang nilainya berkategori efektif dan lima siswa yang nilainya berkategori cukup efektif dari jumlah keseluruhan 26 siswa, nilai rata-rata pada tes kali ini adalah 63,03. Sedangkan pada hasil tes akhir (postes) setelah diterapkan strategi 3M dikategorikan cukup efektif. Dari 26 siswa yang mengikuti, sebanyak 24 siswa yang nilainya berkategori cukup efektif, sedangkan yang berkategori kurang efektif sebanyak 2 siswa. Kata Kunci: Keefektifan, Teks Eksplanasi, Strategi 3M.