PERANCANGAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ADAB SEHARI-HARI UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Main Author: Khatima Rahmat, Huznul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/21070/1/ARTIKEL%20-%20HUZNUL%20KHATIMA%20RAHMAT%20-%201486141006%20-%20PERANCANGAN%20MOTION%20GRAPHIC%20SEBAGAI%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20UNTUK%20ANAK%20USIA%20SEKO~1.pdf
http://eprints.unm.ac.id/21070/
Daftar Isi:
  • Perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan antusiasme anak dalam mengenal dan memahami adab sehari-hari dan membantu Guru dalam proses belajar mengajar di Sekolah. Terdapat banyak adab di dalam Islam, dalam perancangan ini diambil tiga adab yang secara umum dilakukan anak-anak baik dalam sekolah maupun dikehidupan sehari-hari. Adab yang diambil antara lain Adab Makan, Adab ke Kamar Mandi dan Adab Kepada Orang Tua. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang mengumpulkan data dari hasil observasi ke salah satu Sekolah Dasar, melakukan wawancara kepada salah satu Guru Agama Islam di Sekolah Dasar, menyebarkan kuesioner melalui Google Form yang respondennya adalah Orang Tua yang memiliki anak berusia Sekolah Dasar Ujung Tanah I & II, studi pustaka dan dokumentasi. Dalam proses perancangan dilakukan storyline yang terdiri dari 22 scene, membuat konsep karakter cartoon dan storyboard yang dibuat sesuai dengan storyline. Selanjutnya dilakukan digitalisasi baik media utama maupun media pendukung, editing video, rendering dan finishing. Maka hasil dari perancangan ini adalah video Motion Graphic yang terdiri dari tiga video yaitu Adab Makan, Adab Ke Kamar Mandi dan Adab Kepada Orang Tua. Video dipublikasikan pada situs Youtube. Dibantu dengan media pendukung untuk mempermudah anak-anak yang tidak memiliki akses internet untuk membaca dan belajar Kata kunci: Adab sehari-hari, Media pembelajaran, Anak usia Sekolah Dasar