PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION PADA PERGELARAN SENI TARI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 4 TORAJA UTARA

Main Author: ALFA FEBRINA HADDADE, RESVITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/21063/1/ARTIKEL%20SKRIPSI%20RESVITA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/21063/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivment Division Pada Materi Pergelaran seni tari untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik analisis data yang bersifat kualitatif dan analisis kuantitatif sederhana, analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan perubahan percaya diri siswa pada pembelajaran seni tari. Analisis kuantitatif sederhana untuk mengetahui perkembangan percaya diri siswa pada tiap siklus yang dihitung menggunakan prsentase. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis deskriptif kualitatif dan deskrptif kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivment Division pada materi pergelaran seni tari untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X MIPA1.