PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ASING BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)
Main Authors: | Usman, Misnawaty, Dalle, Ambo, Ernawati, Ernawati, Junaeny, Arini |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/20825/1/Penguasaan%20Kosakata%20Bahasa%20Asing.pdf http://eprints.unm.ac.id/20825/2/Peer%20Review%20Penguasaan%20Kosakata%20Bahasa%20Asing.pdf http://eprints.unm.ac.id/20825/3/TURNITIN%20PENGUASAAN%20KOSAKATA%20BAHASA%20ASING%20BERBASIS%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20TEAMS%20GAMES%20TOURNAMENT%20%28TGT%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/20825/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Penguasaan Kosakata Bahasa Asing (Bahasa Jerman dan Bahasa Mandarin) Berbasis Model Pembelajaran teams Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adaiah untuk mengetahui penguasaan kosakata bahasa asing (bahasa Jerman dan bahasa Mandarin) herbasis model pembeiajaran teams Games tournament (TGT) mahastswa Program Studi Pendidikan bahasa Jerman dan bahasa Mandarin FBS UNM Popuiasi peneltltan ini adaiah mahastswa bahasa Jerman (27 orang) dan Mandarin (18 orang) tahun akademik 2017/ 2018 FBS UNM Sampel dalam penelitian ini adaiah sampei total, Desain penelitian yang digunakan adaiah Quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Tcs awal (pretest). Treatment (perlakuan) dan Tes akhir (post-test), hBasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata Post Test bahasa Jerman adaiah 80.32 dan bahasa Mandarin 79,02 yang sebelumnya pada kelas bahasa Jerman hunya memperoleh nilai rata-rata 67.61 dan bahasa Mandarin 69.4? Hasil uji-t dipenoleh 1 httung kelas bahasa Jerman 4.76 sementara t,abil~ 2.007. jadi fhitung > tljM (4.76 > 2,00?) dan thttung kelas bahasa Mandarin = 3.71 sementara t label - 2.032. (adi t httung 3.71 > t label 2,032, Dengan demiksan distmpulkan bahwa penggunaan mode! pembeiajaran TGT efektif italam pembeiajaran kosakata mahasiswa pada kelas bahasa Jerman dan bahasa Mandarin