Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman di SMA

Main Author: Dalle, Ambo
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/20823/1/Penerapan%20Model%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Jigsaw.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20823/2/peer%20review%20Penerapan%20Model%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Jigsaw.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20823/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (I) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam keterampillan menulis bahasa Jerman di SMA, (2) mendeskripsikan rancangan dan desain penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam keterampilan menulis bahasa Jerman, dan (3) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam keterampilan menulis bahasa Jerman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, quesioner, dokumentasi. dan tes. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu (I) data kuantitatif dan (2) data kualitatif. Sumber data diperoleh dari siswa, guru dan pegawai. Hasil penelitian ini meliputi (1) deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam kateranpilan menulis bahasa Jerman (2) deskripsi rancangan dan desain penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam keterampilan menulis bahasa Jerman dan (3) deskripsi langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam kerampilan menulis bahasa .