Daftar Isi:
  • Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbandingan media pembelajaran Flashcard dan gambar berseri dalam keterampilan menulis karangan bahasa Jerman mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Jerman FBS Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini yakni 56 mahasiswa yang terdiri dari 28 mahasiswa kelas A sebagai kelas eksperimen 1 dengan penerapan media Flashcard dan 28 mahasiswa kelas B sebagai kelas eksperimen 2 dengan penerapan media gambar berseri. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan menulis karangan bahasa Jerman. Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok eksperimen tersebut menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar keterampilan menulis bahasa Jerman setelah diberikan perlakuan Flashcard yaitu 66,64 dan gambar berseri yaitu 61,5. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis Uji-t dan menunjukkan bahwa th 2,107 > tt 2,005 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Flashcard dan gambar berseri berpengaruh dalam keterampilan menulis karangan bahasa Jerman mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS Universitas Negeri Makassar. Meskipun Pencapaian hasil belajar keterampilan menulis mahasiswa kelompok eksperimen 1 (kelas A) yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Flashcard lebih unggul dibandingkan dengan kelompok eksperimen 2 (kelas B) yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran gambar berseri. Namun penggunaan kedua media ini sama-sama efektif dan mengalami peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah penerapannya dalam pembelajaran