Peran Alih Kode Dalam Pembelajaran Bahasa Jerman Di Universitas Negeri Makassar
Main Author: | Dalle, Ambo |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/20808/1/Peran%20Ahli%20Kode%20dalam%20Pembelajaran%20Bahasa%20Jerman.pdf http://eprints.unm.ac.id/20808/2/Peer%20review%20Peran%20Ahli%20Kode%20Pembelajaran%20Bahasa%20Jerman.pdf http://eprints.unm.ac.id/20808/3/TURNITIN%20PERAN%20ALIH%20KODE%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20JERMAN%20DI%20UNIVERSITAS%20NEGERI%20MAKASSAR.pdf http://eprints.unm.ac.id/20808/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan makalah ini adaiah (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk alih kode yang terjadi dalam interaksi belajar- mengajar bahasa Jerman, (2) mendeskripsikan peran alih kode yang dilakukan oleh pengajar dalam interaksi belajar-mengajar, dan (3) memdeskripsikan alasan-alasan pengajar bahasa Jerman melakukan alih kode soal berlangsungnya interaksi dalam proses belajar-mengajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adaiah alih kode yang terjadi dalam interaksi belajar-mengajar di kelas bahasa Jerman. Adapun sumber data adaiah pengajar bahasa Jerman dun mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adaiah teknik observasi, rekam, dan teknik rata. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi (1) transkrip data (2) identifikasi data alih kode, (3) mengklasifikasi data, (4) deskripsi data, dan (5) penyajian data. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini meliputi (I) Bentuk-bentuk alih kode yang terjadi dalam interaksi belajar-mengajar berbentuk (a) kata (b) frasa, (c) dan kalimat, (2) peran alih kode dalam interaksi belajar mengajar bahasa Jerman yaitu (a) sebagai pengajar bahasa Jerman (b) memudahkan pemahaman mahasiswa, (c) menerjemahkan komponen-komponen linguistik, (d) menegaskan, (e) rasa humor.