Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil terhadap pembelajaran keterampilan menulis karangan bahasa Jerman mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNM melalui media Flashcard. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model John Elliot yang terdiri dari dua siklus. Media pembelajaran Flashcard merupakan media yang terdiri dari beberapa gambar yang disusun dan membentuk sebuah cerita. Media Flashcard dapat melatih dan mempertajam imajinasi mahasiswa yang kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan, adapun materi dalam pembelajaran ini yaitu Essen und Trinken. Subjek penelitian ini yakni mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNM. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa prosedur yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan media Flashcard dapat menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dan efisien, membantu pemahaman dan meningkatkan imajinasi serta motivasi mahasiswa dalam menulis sebuah karangan bahasa Jerman, selain itu mahasiswa juga lebih aktif dan bersemangat.