PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V.B SD INPRES UNGGULAN TODOPULI KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR

Main Author: Aras, Latri
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/20732/1/Semnas%20Dies%20natalis%20ke%2056.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20732/2/peer%20reviewer%20Prosiding%20Seminor%20Nosionol%20Dies%2056.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20732/
Daftar Isi:
  • Abstrak. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V.b SD lnpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V.bSD Inpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V.b SD Inpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panalrukang Kota Makassar, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian iiodukun Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah Pembelajaran t{atematika Realistik (PMR) dan hasil belajar Siswa. Setting penelitian adalah SDlnpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar dan yang menjadi subjek penelitian adalah 1 guru dan siswa kelas V.b SD Inpres Unggulan Todopuli sebanyak 35 siswa dengan rincian 14 siswa laki- laki dan 2l siswa perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Pada siklus I hasil belajar matematika siswa berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II hasil belajar matematika siswa berada pada kategori baik. Pada saat proses pembelajaran berlangsung, observer melakukan pengamatan terhadap guru dan teman sejawat membantu melakukan pengamatan terhadap siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.b SD lnpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar.