PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH PERAWATAN DAN PERBAIKAN PERALATAN ELEKTRONIKA PADA PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA (D3) PTA FT UNM

Main Author: Heri, Heri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/20333/1/Artikel%20Heri_1525040012.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20333/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Heri, 1525040012. Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Perawatan dan Perbaikan Peralatan Elektronika Pada Program Studi Teknik Elektronika (D3) PTA FT UNM. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2020, Dibimbing oleh Purnamawati dan Supriadi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tahapan mengembangkan modul pembelajaran mata kuliah perawatan dan perbaikan peralatan pada program studi Teknik Elektronika (D3) PTA FT-UNM (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran mata kuliah perawatan dan perbaikan peralatan pada program studi Teknik Elektronika (D3) PTA FT-UNM. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Prosedur Pengembangan mengacu pada Modul Pengembangan Instruksional (MPI) yang terdiri dari 3 tahapan yaitu: tahap identifikasi, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Instrumen Penelitian menggunakan lembar penilaian untuk Ahli Materi,Ahli Media dan Mahasiswa. Adapun hasil penelitian dalam pengembangan modul pembelajaran yaitu untuk ahli materi 1 dan ahli materi 2 diperoleh rata-rata 91% sangat layak. Sedangkan untuk ahli desain 1 dan ahli desain 2 diperoleh rata-rata 95% sangat layak dan untuk respon mahasiswa diperoleh 86% Sangat Layak. Dari hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan uji coba produk kepada ahli materi dan ahli desain serta respon mahasiswa maka Modul Pembelajaran Perawatan dan Perbaikan Peralatan untuk mahasiswa prodi D3 sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Perawatan, Perbaikan, dan Peralatan