Pengaruh Pelaksanaan Praktik Keahlian di Sekolah Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa TKR SMK Negeri 3 Pinrang
Main Author: | Haris, Arfandi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/20310/1/ARTIKEL_ARFANDI%20HARIS_1523040001.pdf http://eprints.unm.ac.id/20310/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui. (a) gambaran pelaksanaan praktik keahlian di SMK Negeri 3 Pinrang. (b) gambaran motivasi berprestasi siswa TKR SMK Negeri 3 Pinrang. (c) pengaruh pelaksanaan peraktik keahlian di sekolah terhadap motivasi berprestasi siswa TKR SMK Negeri 3 Pinrang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI teknik kendaraan ringan SMK Negeri 3 Pinrang tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 75 siswa yang dijadikan sampel. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan angket. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial pada taraf signifikansi α 5%. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 45 siswa dengan persentase (60%) dengan kategori cukup baik, sedangkan untuk siswa dengan motivasi berprestasi sebanyak 75 siswa dengan persentase (100%) berada pada kategori sangat tinggi. Hasil analisis korelasi antara praktik keahlian terhadap motivasi berprestasi dengan r = 0,413 dan nilai signifikansinya = 0,000. Nilai r ini lebih kecil dari α 0,05. Kopisien korelasi ini menunjukan kekuatan hubungan berarada pada kategori sedang dan siknifikan. Hal ini menunjukan ada hubungan. dapat diambil kesimpulan bahwa praktik keahlian berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berprestasi. Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Praktik Keahlian