PERANCANGAN GAME EDUKASI AKSARA LONTARA BERBASIS PERMAINAN KATA

Main Author: Cahyo Diputera, Idhil
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/20259/1/Artikel%20Idhil%20Cahyo%20Diputera%201386140005.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20259/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Perancangan ini dilatarbelakangi oleh observasi penulis terhadap game-game edukasi Aksara Lontara. Masih banyak dari game edukasi tersebut yang masih menggunakan jenis permainan yang sederhana, seperti tebak kata ataupun tebak huruf, sehingga diperlukan jenis permainan baru yang lebih menarik. Metode perancangan yang digunakan penulis yaitu observasi terhadap beberapa game edukasi Aksara Lontara yang telah ada, kemudian data tersebut dianalisa dengan menggunakan metode analisis SWOT dan metode analisis game. Hasil dari analisa tersebut kemudian dijadikan basis perancangan game dengan melihat bagian apa saja yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki baik dari segi mekanisme permainannya ataupun dari segi desain. Hasil dari perancangan tugas akhir ini yaitu berupa sebuah game edukasi Aksara Lontara berbasis permainan kata yang dapat dimainkan pada smartphone Android. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Game, Aksara Lontara, Permainan Kata.