PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEGERI KABUPATEN PANGKEP

Main Authors: JANNAH, MIFTAHUL, Hasmawati, Hasmawati
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Foreign Language Education, Faculty of Language and Literature Universitas Negeri Makassar in cooperate with ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN (APSBJI) , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/20186/1/Eralingua%20%20Jurnal%20Pendidikan%20Bahasa%20Asing%20dan%20Sastra%20Volume%201%20No.1%20Maret%202017.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20186/2/peer%20reviewer%20pengunaan%20media%20kartu%20bergambar%20dalam%20keterampilan%20menulis%20karangan%20sederhana%20bahasa%20jerman%20siswa%20kelas%20XI%20IPS%20SMA%20Negeri%201%20Sigeri%20kabupaten%20pangkep.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20186/
https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/2985
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data tentang efektivitas media kartu bergambar dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Segeri. Penelitian ini bersifat eksperimen yang mengumpulkan datanya melalui tes menulis. Adapun data penelitian ini dianalisis dengan analisis statistik inferensial uji-t. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Segeri yang terdiri atas 4 kelas. Sampel yang digunakan sampel acak (Random Sampling). Jumlah sampel adalah 2 kelas yakni kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 20 siswa dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol yang teridir dari 20 siswa. Hasil analisis data menunjukkan t hitung 2,98 > t table 2,03 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar efektif dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Segeri.