PENERAPAN BLENDED LEARNING MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN KEJURUAN (Kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif di Masa Pandemi Covid-19)

Main Author: Wahyudin, Wahyudin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/20153/1/JURNAL_WAHYUDIN_1523041010.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20153/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wahyudin. 1523041010. Penerapan Blended Learning Model Flipped Classroom pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kejuruan (Kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif di Masa Pandemi Covid-19). Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2021. Pembimbing: Mansyur dan Rusyadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran blended learning model flipped classroom, hasil belajar, dan tanggapan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan mengambil subjek mahasiswa aktif Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNM yang sedang memprogram mata kuliah strategi pembelajaran kejuruan tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan angket. Teknik analisis data berupa statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran secara keseluruhan sebesar 92,06% atau berada pada kategori tinggi, nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa berada pada angka 73,19 atau kategori tinggi, dan tanggapan mahasiswa berada pada kategori sangat baik yang menunjukkan nilai rata-rata 5,96. Kata kunci: Blended Learning, Flipped Classroom.