PENGARUH EFIKASI DIRI, METAKOGNISI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KABUPATEN ENREKANG

Main Authors: Thalib, Ahmad, Djadir, Djadir, Rahyuni, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/20076/1/Artikel%20Hasil.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20076/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efikasi diri, metakognisi dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Enrekang pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 2866 siswa. Adapun ukuran sampel, menggunakan stratified doubel proportional cluster random sampling sebanyak 351 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket efikasi diri, angket metakognisi, angket motivasi berprestasi dan nilai akhir siswa yang terangkum dalam raport kelas VII semester ganjil. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Enrekang memiliki efikasi diri dalam belajar matematika sebesar 34,2% berada pada kategori rendah, metakognisi sebesar 33,9% dalam kategori tinggi, motivasi berprestasi dalam belajar matematika sebesar 41,9% berada pada kategori rendah, prestasi belajar matematika sebesar 64,4% berada pada kategori tinggi (2) efikasi diri, metakognisi, dan motivasi berprestasi siswa tentang pelajaran matematika mempunyai pengaruh positif signifikan secara langsung terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Enrekang. (3) efikasi diri dan metakognisi siswa masing-masing mempunyai pengaruh positif signifikan secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Enrekang melalui motivasi berprestasi siswa. Kata kunci: Efikasi diri, Metakognisi, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar Matematika