PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD INPRES MINASA UPA I KOTA MAKASSAR

Main Author: BASYIR, NUR INDAH AYU LESTARI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/20033/1/ARTIKEL%20NUR%20INDAH%20AYU%20LESTARI%20BASYIR.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20033/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar sebanyak 27 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C), sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan ketuntasan belajar siklus I pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II pencapaian ketuntasan berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar. Kata Kunci : Quantum Teaching, hasil belajar, matematika