PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 200 MASALE KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN MAROS
Main Author: | Ildiyawati, Ildiyawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/20024/1/ARTIKEL%20ILDIYAWATI.pdf http://eprints.unm.ac.id/20024/ |
ctrlnum |
20024 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/20024/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO
STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN IPS KELAS V SDN 200 MASALE KECAMATAN TOMPOBULU
KABUPATEN MAROS</title><creator>Ildiyawati, Ildiyawati</creator><subject>PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil IPS pada siswa kelas V SDN 200 Masale
Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Rumusan masalah dalampenelitian ini adalah
bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS)
untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN 200 Masale
Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros?. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe
Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu
Kabupaten Maros. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif
dan jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang atau siklus yang meliputi
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini dilihat dari (1)
penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan (2) Hasil
belajar siswa. setting dan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 200 Masale
Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
hasil belajar siswa dari siklus I dengan kualifikasi cukup ke siklus II dengan kualifikasi baik.
Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran
Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros.
Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/20024/1/ARTIKEL%20ILDIYAWATI.pdf</identifier><identifier> Ildiyawati, Ildiyawati (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 200 MASALE KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN MAROS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>20024</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ildiyawati, Ildiyawati |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO
STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN IPS KELAS V SDN 200 MASALE KECAMATAN TOMPOBULU
KABUPATEN MAROS |
publishDate |
2021 |
topic |
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/20024/1/ARTIKEL%20ILDIYAWATI.pdf http://eprints.unm.ac.id/20024/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil IPS pada siswa kelas V SDN 200 Masale
Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Rumusan masalah dalampenelitian ini adalah
bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS)
untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN 200 Masale
Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros?. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe
Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu
Kabupaten Maros. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif
dan jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang atau siklus yang meliputi
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini dilihat dari (1)
penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan (2) Hasil
belajar siswa. setting dan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 200 Masale
Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
hasil belajar siswa dari siklus I dengan kualifikasi cukup ke siklus II dengan kualifikasi baik.
Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran
Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros.
Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar |
id |
IOS3399.20024 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:53Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483846439436288 |
score |
17.538404 |