PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 200 MASALE KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN MAROS

Main Author: Ildiyawati, Ildiyawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/20024/1/ARTIKEL%20ILDIYAWATI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20024/
ctrlnum 20024
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/20024/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO&#xD; STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA&#xD; PELAJARAN IPS KELAS V SDN 200 MASALE KECAMATAN TOMPOBULU&#xD; KABUPATEN MAROS</title><creator>Ildiyawati, Ildiyawati</creator><subject>PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil IPS pada siswa kelas V SDN 200 Masale&#xD; Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Rumusan masalah dalampenelitian ini adalah&#xD; bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS)&#xD; untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN 200 Masale&#xD; Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros?. Tujuan penelitian ini adalah untuk&#xD; mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe&#xD; Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu&#xD; Kabupaten Maros. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif&#xD; dan jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang atau siklus yang meliputi&#xD; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini dilihat dari (1)&#xD; penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan (2) Hasil&#xD; belajar siswa. setting dan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 200 Masale&#xD; Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan&#xD; observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian&#xD; data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan&#xD; hasil belajar siswa dari siklus I dengan kualifikasi cukup ke siklus II dengan kualifikasi baik.&#xD; Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran&#xD; Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada&#xD; mata pelajaran IPS kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros.&#xD; Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/20024/1/ARTIKEL%20ILDIYAWATI.pdf</identifier><identifier> Ildiyawati, Ildiyawati (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 200 MASALE KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN MAROS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>20024</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ildiyawati, Ildiyawati
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 200 MASALE KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN MAROS
publishDate 2021
topic PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/20024/1/ARTIKEL%20ILDIYAWATI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/20024/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil IPS pada siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Rumusan masalah dalampenelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang atau siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini dilihat dari (1) penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan (2) Hasil belajar siswa. setting dan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan kualifikasi cukup ke siklus II dengan kualifikasi baik. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar
id IOS3399.20024
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:53Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:53Z
recordtype dc
_version_ 1764483846439436288
score 17.538404