PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 72 BONTOLOE KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR
Main Author: | Asmita, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19983/1/Artikel%20Nur%20Asmita%2001.pdf http://eprints.unm.ac.id/19983/ |
ctrlnum |
19983 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19983/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 72 BONTOLOE KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR</title><creator>Asmita, Nur</creator><subject>PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui,
pertama gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review
Horay (CRH) pada siswa kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong
Kabupen Takalar, kedua gambaran motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran
IPS Kelas IV SDN 72 Bontoloe kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, ketiga
pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review Horay
(CRH) terhadap motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV SDN
72 Bontoloe Kecamatan Galesong. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah
penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH), sedangkan variabel
terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu
menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas IV A sebagai
kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol, masing masing
terdiri dari 16 siswa pada kelompok eksperimen dan 15 siswa pada kelompok
kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu
angket, observasi dan dokumen. Data dikumpulkan dari pemberin angket pada
ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan ststistik
inferensial menggunakan uji Independent sample T-Test hasil penelitian statistik
inferensial diperoleh nilai probelitas pada posttest kedua kelompok yaitu P=0,03
lebih kecil dari α= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran course review horay memberikan pengaruh terhadap motivasi
belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan
Galesong Kabupaten Takalar.
Kata Kunci: model pembelajaran crh, motivasi belajar, ips</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19983/1/Artikel%20Nur%20Asmita%2001.pdf</identifier><identifier> Asmita, Nur (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 72 BONTOLOE KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19983</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Asmita, Nur |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 72 BONTOLOE KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR |
publishDate |
2021 |
topic |
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/19983/1/Artikel%20Nur%20Asmita%2001.pdf http://eprints.unm.ac.id/19983/ |
contents |
Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui,
pertama gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review
Horay (CRH) pada siswa kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong
Kabupen Takalar, kedua gambaran motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran
IPS Kelas IV SDN 72 Bontoloe kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, ketiga
pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review Horay
(CRH) terhadap motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV SDN
72 Bontoloe Kecamatan Galesong. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah
penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH), sedangkan variabel
terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu
menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas IV A sebagai
kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol, masing masing
terdiri dari 16 siswa pada kelompok eksperimen dan 15 siswa pada kelompok
kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu
angket, observasi dan dokumen. Data dikumpulkan dari pemberin angket pada
ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan ststistik
inferensial menggunakan uji Independent sample T-Test hasil penelitian statistik
inferensial diperoleh nilai probelitas pada posttest kedua kelompok yaitu P=0,03
lebih kecil dari α= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran course review horay memberikan pengaruh terhadap motivasi
belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan
Galesong Kabupaten Takalar.
Kata Kunci: model pembelajaran crh, motivasi belajar, ips |
id |
IOS3399.19983 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:52Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:52Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483846055657472 |
score |
17.538404 |