PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 72 BONTOLOE KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR

Main Author: Asmita, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19983/1/Artikel%20Nur%20Asmita%2001.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19983/
ctrlnum 19983
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19983/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF&#xD; TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 72 BONTOLOE KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR</title><creator>Asmita, Nur</creator><subject>PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan&#xD; kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui,&#xD; pertama gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review&#xD; Horay (CRH) pada siswa kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong&#xD; Kabupen Takalar, kedua gambaran motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran&#xD; IPS Kelas IV SDN 72 Bontoloe kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, ketiga&#xD; pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review Horay&#xD; (CRH) terhadap motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV SDN&#xD; 72 Bontoloe Kecamatan Galesong. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah&#xD; penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH), sedangkan variabel&#xD; terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu&#xD; menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas IV A sebagai&#xD; kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol, masing masing&#xD; terdiri dari 16 siswa pada kelompok eksperimen dan 15 siswa pada kelompok&#xD; kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu&#xD; angket, observasi dan dokumen. Data dikumpulkan dari pemberin angket pada&#xD; ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan ststistik&#xD; inferensial menggunakan uji Independent sample T-Test hasil penelitian statistik&#xD; inferensial diperoleh nilai probelitas pada posttest kedua kelompok yaitu P=0,03&#xD; lebih kecil dari &#x3B1;= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model&#xD; pembelajaran course review horay memberikan pengaruh terhadap motivasi&#xD; belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan&#xD; Galesong Kabupaten Takalar.&#xD; Kata Kunci: model pembelajaran crh, motivasi belajar, ips</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19983/1/Artikel%20Nur%20Asmita%2001.pdf</identifier><identifier> Asmita, Nur (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 72 BONTOLOE KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19983</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Asmita, Nur
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 72 BONTOLOE KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR
publishDate 2021
topic PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/19983/1/Artikel%20Nur%20Asmita%2001.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19983/
contents Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui, pertama gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupen Takalar, kedua gambaran motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS Kelas IV SDN 72 Bontoloe kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, ketiga pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH), sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol, masing masing terdiri dari 16 siswa pada kelompok eksperimen dan 15 siswa pada kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu angket, observasi dan dokumen. Data dikumpulkan dari pemberin angket pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan ststistik inferensial menggunakan uji Independent sample T-Test hasil penelitian statistik inferensial diperoleh nilai probelitas pada posttest kedua kelompok yaitu P=0,03 lebih kecil dari α= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran course review horay memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Kata Kunci: model pembelajaran crh, motivasi belajar, ips
id IOS3399.19983
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:52Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:52Z
recordtype dc
_version_ 1764483846055657472
score 17.538404