PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 351 KAWASAN AMMA TOA KECAMATAN KAJANG KABUPATEN BULUKUMBA
Main Author: | Yustika, Yustika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19982/1/ARTIKEL%20YUSTIKA.pdf http://eprints.unm.ac.id/19982/ |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen dan menggunakan bentuk One Group PretestPosttest Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa. Pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan Paired sample TTest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat dikatakan baik, (2) hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dalam pembelajaran, (3) Model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: model kooperatif tipe pair check, hasil belajar, matematika