ANALISIS HASIL BELAJAR PASSING ATAS PADA PERMAINAN BOLAVOLI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIFSTUDENTTEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADASISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MAJENE

Main Author: Fathurrahman AR, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19978/1/JURNAL%20MUHAMMAD%20FATHURRAHMAN%20AR.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19978/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji hasil belajar passing atas permainan bolavoli pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Majene.Penelitian ini menggunakan jenis penelitiandeskriptif dengan pendekatan kuantitaif dan kualitatif.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Majene dengan sampel sebanyak 32 siswa dengan teknik sampling yaitu purposif sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen hasil tes belajar passing atas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar passing atas di SMA Negeri 2 Majene dilihat dari 3 aspek yaitu kognitif, psikomotor dan afektif yang nilainya berturut-turut yakni 31 siswa atau 96,87%, 30 siswa atau 93,75%, 28 siswa atau 87,5% yang telah memenuhi KKM. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif STAD dapat menuntaskan secara kasikal hasil belajar passing atas permainan bolavoli pada siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 2 Majene baik dari ranah kognitif, psikomotorik maupun afektif. Sehingga keberhasilan penggunaan model kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar.