KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 MAJENNE
Main Author: | YUNIAR, M |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19971/1/Jurnal%20%20new-%20YUSNIAR.pdf http://eprints.unm.ac.id/19971/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitianiniadalahpenelitiankualitatifdeskriptifyangbertujuanuntukmendeskripsikan KepemimpinanInstruksionalKepalaSekolahSMPNegeri2Majene..Subjekpenelitianini adalahKepalaSekolahSMPNegeri2Majene,WakilKepalaSekolahbagianKurikulum,guru kelasVII,gurukelasVIIIdangurukelasIX.Datahasilpenelitiandiperolehdengancara wawancaradandokumentasi.Berdasarkanhasilpenelitian diperoleh(a)Kepemimpinan instruksionalkepalasekolahterlaksanadenganperumusandanpengkomunikasianvisimisi dantujuansekolahMengkoordinasikankurikulumpembelajaranyangakandigunakandi sekolah,,Mengkoordinasikanpembagiantugasgurudalam pembelajaran,Menetapkan standarakademik,Mendorongterciptanyaiklim pembelajaranyangkondusifdan menyenangkan,Melakukansupervisidanevaluasiterhadapprogram pembelajaran,(b) Faktorpendukung kepemimpinan instruksionalKepala SMPN 2 Majene berupa: Kepemimpinanyangkuat,hadirdanterlihatdisekelilingsekolahsecaraterus menerus,punyaharapantinggiuntukgurudanpesertadidikdanmenghabiskansebagian besarharibekerjauntukmeningkatkaninstruksi,memilikiiklimyangamandantertibdan memantaukemajuanpesertadidikdankesiapanperencanaan,danpelaksanaanprosesyang terkontroldanterevaluasidanadanyakomunikasiyangterjalinsecaraefektifdengan seluruhwargasekolahsertastakeholderyangterkait,(c)FaktorpenghambatKepemimpinan instruksionalKepalaSMPN2Majeneberupa:Kurangnyaperhatianorangtuakepadaanakini disebabkankarenaorangtuamasihbanyakberanggapanbahwapendidikancukupdiberikan disekolahsajadankemajuanIPTEKmemberikandampakyangnegatifpadaperkembangan anakkarenaminatbelajarnyamenjadikurang,kelemahan-kelemahanpadatataranguru