KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 MAJENNE

Main Author: YUNIAR, M
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19971/1/Jurnal%20%20new-%20YUSNIAR.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19971/
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitianiniadalahpenelitiankualitatifdeskriptifyangbertujuanuntukmendeskripsikan KepemimpinanInstruksionalKepalaSekolahSMPNegeri2Majene..Subjekpenelitianini adalahKepalaSekolahSMPNegeri2Majene,WakilKepalaSekolahbagianKurikulum,guru kelasVII,gurukelasVIIIdangurukelasIX.Datahasilpenelitiandiperolehdengancara wawancaradandokumentasi.Berdasarkanhasilpenelitian diperoleh(a)Kepemimpinan instruksionalkepalasekolahterlaksanadenganperumusandanpengkomunikasianvisimisi dantujuansekolahMengkoordinasikankurikulumpembelajaranyangakandigunakandi sekolah,,Mengkoordinasikanpembagiantugasgurudalam pembelajaran,Menetapkan standarakademik,Mendorongterciptanyaiklim pembelajaranyangkondusifdan menyenangkan,Melakukansupervisidanevaluasiterhadapprogram pembelajaran,(b) Faktorpendukung kepemimpinan instruksionalKepala SMPN 2 Majene berupa: Kepemimpinanyangkuat,hadirdanterlihatdisekelilingsekolahsecaraterus menerus,punyaharapantinggiuntukgurudanpesertadidikdanmenghabiskansebagian besarharibekerjauntukmeningkatkaninstruksi,memilikiiklimyangamandantertibdan memantaukemajuanpesertadidikdankesiapanperencanaan,danpelaksanaanprosesyang terkontroldanterevaluasidanadanyakomunikasiyangterjalinsecaraefektifdengan seluruhwargasekolahsertastakeholderyangterkait,(c)FaktorpenghambatKepemimpinan instruksionalKepalaSMPN2Majeneberupa:Kurangnyaperhatianorangtuakepadaanakini disebabkankarenaorangtuamasihbanyakberanggapanbahwapendidikancukupdiberikan disekolahsajadankemajuanIPTEKmemberikandampakyangnegatifpadaperkembangan anakkarenaminatbelajarnyamenjadikurang,kelemahan-kelemahanpadatataranguru