PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE

Main Author: Anas, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19958/1/JURNAL%20MUH.ANAS%20181051401054%20%28atas%20kebijakan%20wadir%201%29%20%281%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19958/
ctrlnum 19958
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19958/</relation><title>PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE</title><creator>Anas, Muhammad</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)</subject><description>Penelitian ini menggambarkan kondisi di lapangan tentang bagaimana proses pelaksanaan supervisi&#xD; akademik yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah dasar di Kecamatan Pamboang Kabupaten&#xD; Majene, serta mendeskripsikan hal yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam&#xD; pelaksanaan supervisi akademik.Pebelitian ini bersifat kualitatif yang berusaha mendeskripsikan&#xD; data-data yang diperoleh dari lapangan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Fokus&#xD; penelitian ini terdapat pada pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dasar. Untuk&#xD; mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan&#xD; dokumentasi. Keseluruhan data dianalisis dengan tahapan: 1. Mereduksi data, 2. Menyajikan data,&#xD; dan 3. Menyimpulkan hasil penelitian.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu&#xD; penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa dan aktivitas&#xD; sosial, sikap, persepsi dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Hasil penelitian&#xD; mengungkapkan empat temuan yaitu: Pertama,Kegiatan supervisi akademik pengawas sekolah dasar&#xD; sesuai program tahunan pengawas dengan cara melakukan pertemuan dengan guru, menyiapkan&#xD; insrumen yang digunakan serta menentukan jadwal supervisi. Kedua. Pelaksanaan supervisi dengan&#xD; melakukan pengamatan langsung guru di kelas serta pemeriksaan kelengkapan pengajaran di ruang&#xD; guru. Ketiga. Tindak lanjut supervisi akademik melalui tehnik diskusi dan tanya jawab terhadap&#xD; guru baik secara individu maupun kelompok. Keempat. Terdapat beberapa faktor pendukung dan&#xD; faktor penghambat pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dasar di Kecamatan&#xD; Pamboang Kabupaten Majene.&#xD; Kata kunci : Supervisi Akademik, Pengawas Sekolah Dasar.</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19958/1/JURNAL%20MUH.ANAS%20181051401054%20%28atas%20kebijakan%20wadir%201%29%20%281%29.pdf</identifier><identifier> Anas, Muhammad (2021) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19958</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Anas, Muhammad
title PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE
publishDate 2021
isbn 2018105140105
topic ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/19958/1/JURNAL%20MUH.ANAS%20181051401054%20%28atas%20kebijakan%20wadir%201%29%20%281%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19958/
contents Penelitian ini menggambarkan kondisi di lapangan tentang bagaimana proses pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah dasar di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene, serta mendeskripsikan hal yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan supervisi akademik.Pebelitian ini bersifat kualitatif yang berusaha mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari lapangan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Fokus penelitian ini terdapat pada pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dasar. Untuk mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keseluruhan data dianalisis dengan tahapan: 1. Mereduksi data, 2. Menyajikan data, dan 3. Menyimpulkan hasil penelitian.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa dan aktivitas sosial, sikap, persepsi dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Hasil penelitian mengungkapkan empat temuan yaitu: Pertama,Kegiatan supervisi akademik pengawas sekolah dasar sesuai program tahunan pengawas dengan cara melakukan pertemuan dengan guru, menyiapkan insrumen yang digunakan serta menentukan jadwal supervisi. Kedua. Pelaksanaan supervisi dengan melakukan pengamatan langsung guru di kelas serta pemeriksaan kelengkapan pengajaran di ruang guru. Ketiga. Tindak lanjut supervisi akademik melalui tehnik diskusi dan tanya jawab terhadap guru baik secara individu maupun kelompok. Keempat. Terdapat beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dasar di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Kata kunci : Supervisi Akademik, Pengawas Sekolah Dasar.
id IOS3399.19958
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:52Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:52Z
recordtype dc
_version_ 1764483845979111424
score 17.538404