PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE
Main Author: | Anas, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19958/1/JURNAL%20MUH.ANAS%20181051401054%20%28atas%20kebijakan%20wadir%201%29%20%281%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/19958/ |
ctrlnum |
19958 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19958/</relation><title>PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE</title><creator>Anas, Muhammad</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)</subject><description>Penelitian ini menggambarkan kondisi di lapangan tentang bagaimana proses pelaksanaan supervisi
akademik yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah dasar di Kecamatan Pamboang Kabupaten
Majene, serta mendeskripsikan hal yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam
pelaksanaan supervisi akademik.Pebelitian ini bersifat kualitatif yang berusaha mendeskripsikan
data-data yang diperoleh dari lapangan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Fokus
penelitian ini terdapat pada pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dasar. Untuk
mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Keseluruhan data dianalisis dengan tahapan: 1. Mereduksi data, 2. Menyajikan data,
dan 3. Menyimpulkan hasil penelitian.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu
penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa dan aktivitas
sosial, sikap, persepsi dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Hasil penelitian
mengungkapkan empat temuan yaitu: Pertama,Kegiatan supervisi akademik pengawas sekolah dasar
sesuai program tahunan pengawas dengan cara melakukan pertemuan dengan guru, menyiapkan
insrumen yang digunakan serta menentukan jadwal supervisi. Kedua. Pelaksanaan supervisi dengan
melakukan pengamatan langsung guru di kelas serta pemeriksaan kelengkapan pengajaran di ruang
guru. Ketiga. Tindak lanjut supervisi akademik melalui tehnik diskusi dan tanya jawab terhadap
guru baik secara individu maupun kelompok. Keempat. Terdapat beberapa faktor pendukung dan
faktor penghambat pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dasar di Kecamatan
Pamboang Kabupaten Majene.
Kata kunci : Supervisi Akademik, Pengawas Sekolah Dasar.</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19958/1/JURNAL%20MUH.ANAS%20181051401054%20%28atas%20kebijakan%20wadir%201%29%20%281%29.pdf</identifier><identifier> Anas, Muhammad (2021) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19958</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Anas, Muhammad |
title |
PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE |
publishDate |
2021 |
isbn |
2018105140105 |
topic |
ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/19958/1/JURNAL%20MUH.ANAS%20181051401054%20%28atas%20kebijakan%20wadir%201%29%20%281%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/19958/ |
contents |
Penelitian ini menggambarkan kondisi di lapangan tentang bagaimana proses pelaksanaan supervisi
akademik yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah dasar di Kecamatan Pamboang Kabupaten
Majene, serta mendeskripsikan hal yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam
pelaksanaan supervisi akademik.Pebelitian ini bersifat kualitatif yang berusaha mendeskripsikan
data-data yang diperoleh dari lapangan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Fokus
penelitian ini terdapat pada pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dasar. Untuk
mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Keseluruhan data dianalisis dengan tahapan: 1. Mereduksi data, 2. Menyajikan data,
dan 3. Menyimpulkan hasil penelitian.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu
penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa dan aktivitas
sosial, sikap, persepsi dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Hasil penelitian
mengungkapkan empat temuan yaitu: Pertama,Kegiatan supervisi akademik pengawas sekolah dasar
sesuai program tahunan pengawas dengan cara melakukan pertemuan dengan guru, menyiapkan
insrumen yang digunakan serta menentukan jadwal supervisi. Kedua. Pelaksanaan supervisi dengan
melakukan pengamatan langsung guru di kelas serta pemeriksaan kelengkapan pengajaran di ruang
guru. Ketiga. Tindak lanjut supervisi akademik melalui tehnik diskusi dan tanya jawab terhadap
guru baik secara individu maupun kelompok. Keempat. Terdapat beberapa faktor pendukung dan
faktor penghambat pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dasar di Kecamatan
Pamboang Kabupaten Majene.
Kata kunci : Supervisi Akademik, Pengawas Sekolah Dasar. |
id |
IOS3399.19958 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:52Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:52Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483845979111424 |
score |
17.538404 |