PENGELOLAAN BUDAYA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 SENDANA KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE
Main Author: | Suddin, Suddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19937/1/Jurnal%20-%20SUDDIN.pdf http://eprints.unm.ac.id/19937/ |
ctrlnum |
19937 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19937/</relation><title>PENGELOLAAN BUDAYA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 SENDANA 
KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE</title><creator>Suddin, Suddin</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)</subject><description>com
3Email: wahira@unm.ac.id
Abstrak
SUDDIN.2020. Pengelolaan Budaya Sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana 
Kabupaten Majene.Dibimbing oleh Ansar dan Wahira.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Gambaran budaya sekolah di SMP 
Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (2) Gambaran pelaksanaan 
budaya sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (3) 
Gambaran evaluasi budaya sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana 
Kabupaten Majene. (4) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat budaya sekolah di 
SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene.Jenis penelitian ini adalah 
jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian 
menunjukkan: (1) Perencanaan terdiri dari proses penentuan tujuan, penyusunan program 
atau kegiatan, dan proses pengintegrasian nilai karakter. (2) Pengorganisasian terdiri dari 
elemen kegiatan, jadwal kegiatan, dan penanggung jawab. (3) Pelaksanaan terdiri dari 
pengamalan (kegiatan harian, mingguan, bulanan, incidental; kegiatan pembelajaran 
(KBM); program sekolah; dan kegiatan ekstrakurikuler), pelaksanaan 
(pembiasaan,keteladanan, spontanitas, pengkondisian, reward and punishment). (4) 
Pengevaluasian terdiri dari evaluasi tertulis (buku jurnal, catatan penskoran, raport) dan 
evaluasi non tulis (pengamatan perilaku siswa). (5) Faktor yang mendukung penerapan 
budaya sekolah siswa diantaranya dukungan pemerintah, sumberdaya manusia (SDM) yang 
memadai, sarana dan prasarana atau fasilitas sekolah yang lengkap, kegiatan yang sudah 
terprogram, rasa kekeluargaan yang tinggi, dan dukungan dari semua warga sekolah, dari 
orang tua/ wali murid, dan masyarakatsekitar. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat 
penerapan budaya sekolah siswa meliputi terbatasnya kontrol dari sekolah setelah siswa 
pulang sekolah, pengaruh media, kurangnya kepedulian beberapa guru, keberagaman 
karakter siswa dan beberapa siswa yang susah diatur, serta lingkungan tempat tinggal siswa 
yang kurangbaik.
Kata Kunci :Pengelolaan, Budaya Sekolah</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19937/1/Jurnal%20-%20SUDDIN.pdf</identifier><identifier> Suddin, Suddin (2021) PENGELOLAAN BUDAYA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 SENDANA KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19937</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Suddin, Suddin |
title |
PENGELOLAAN BUDAYA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 SENDANA
KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE |
publishDate |
2021 |
topic |
ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/19937/1/Jurnal%20-%20SUDDIN.pdf http://eprints.unm.ac.id/19937/ |
contents |
com
3Email: wahira@unm.ac.id
Abstrak
SUDDIN.2020. Pengelolaan Budaya Sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana
Kabupaten Majene.Dibimbing oleh Ansar dan Wahira.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Gambaran budaya sekolah di SMP
Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (2) Gambaran pelaksanaan
budaya sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (3)
Gambaran evaluasi budaya sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana
Kabupaten Majene. (4) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat budaya sekolah di
SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene.Jenis penelitian ini adalah
jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan: (1) Perencanaan terdiri dari proses penentuan tujuan, penyusunan program
atau kegiatan, dan proses pengintegrasian nilai karakter. (2) Pengorganisasian terdiri dari
elemen kegiatan, jadwal kegiatan, dan penanggung jawab. (3) Pelaksanaan terdiri dari
pengamalan (kegiatan harian, mingguan, bulanan, incidental; kegiatan pembelajaran
(KBM); program sekolah; dan kegiatan ekstrakurikuler), pelaksanaan
(pembiasaan,keteladanan, spontanitas, pengkondisian, reward and punishment). (4)
Pengevaluasian terdiri dari evaluasi tertulis (buku jurnal, catatan penskoran, raport) dan
evaluasi non tulis (pengamatan perilaku siswa). (5) Faktor yang mendukung penerapan
budaya sekolah siswa diantaranya dukungan pemerintah, sumberdaya manusia (SDM) yang
memadai, sarana dan prasarana atau fasilitas sekolah yang lengkap, kegiatan yang sudah
terprogram, rasa kekeluargaan yang tinggi, dan dukungan dari semua warga sekolah, dari
orang tua/ wali murid, dan masyarakatsekitar. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat
penerapan budaya sekolah siswa meliputi terbatasnya kontrol dari sekolah setelah siswa
pulang sekolah, pengaruh media, kurangnya kepedulian beberapa guru, keberagaman
karakter siswa dan beberapa siswa yang susah diatur, serta lingkungan tempat tinggal siswa
yang kurangbaik.
Kata Kunci :Pengelolaan, Budaya Sekolah |
id |
IOS3399.19937 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:52Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:52Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483845928779776 |
score |
17.538404 |