PENGELOLAAN BUDAYA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 SENDANA KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE

Main Author: Suddin, Suddin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19937/1/Jurnal%20-%20SUDDIN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19937/
ctrlnum 19937
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19937/</relation><title>PENGELOLAAN BUDAYA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 SENDANA &#xD; KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE</title><creator>Suddin, Suddin</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)</subject><description>com&#xD; 3Email: wahira@unm.ac.id&#xD; Abstrak&#xD; SUDDIN.2020. Pengelolaan Budaya Sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana &#xD; Kabupaten Majene.Dibimbing oleh Ansar dan Wahira.&#xD; Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Gambaran budaya sekolah di SMP &#xD; Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (2) Gambaran pelaksanaan &#xD; budaya sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (3) &#xD; Gambaran evaluasi budaya sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana &#xD; Kabupaten Majene. (4) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat budaya sekolah di &#xD; SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene.Jenis penelitian ini adalah &#xD; jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian &#xD; menunjukkan: (1) Perencanaan terdiri dari proses penentuan tujuan, penyusunan program &#xD; atau kegiatan, dan proses pengintegrasian nilai karakter. (2) Pengorganisasian terdiri dari &#xD; elemen kegiatan, jadwal kegiatan, dan penanggung jawab. (3) Pelaksanaan terdiri dari &#xD; pengamalan (kegiatan harian, mingguan, bulanan, incidental; kegiatan pembelajaran &#xD; (KBM); program sekolah; dan kegiatan ekstrakurikuler), pelaksanaan &#xD; (pembiasaan,keteladanan, spontanitas, pengkondisian, reward and punishment). (4) &#xD; Pengevaluasian terdiri dari evaluasi tertulis (buku jurnal, catatan penskoran, raport) dan &#xD; evaluasi non tulis (pengamatan perilaku siswa). (5) Faktor yang mendukung penerapan &#xD; budaya sekolah siswa diantaranya dukungan pemerintah, sumberdaya manusia (SDM) yang &#xD; memadai, sarana dan prasarana atau fasilitas sekolah yang lengkap, kegiatan yang sudah &#xD; terprogram, rasa kekeluargaan yang tinggi, dan dukungan dari semua warga sekolah, dari &#xD; orang tua/ wali murid, dan masyarakatsekitar. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat &#xD; penerapan budaya sekolah siswa meliputi terbatasnya kontrol dari sekolah setelah siswa &#xD; pulang sekolah, pengaruh media, kurangnya kepedulian beberapa guru, keberagaman &#xD; karakter siswa dan beberapa siswa yang susah diatur, serta lingkungan tempat tinggal siswa &#xD; yang kurangbaik.&#xD; Kata Kunci :Pengelolaan, Budaya Sekolah</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19937/1/Jurnal%20-%20SUDDIN.pdf</identifier><identifier> Suddin, Suddin (2021) PENGELOLAAN BUDAYA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 SENDANA KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19937</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Suddin, Suddin
title PENGELOLAAN BUDAYA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 SENDANA KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE
publishDate 2021
topic ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/19937/1/Jurnal%20-%20SUDDIN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19937/
contents com 3Email: wahira@unm.ac.id Abstrak SUDDIN.2020. Pengelolaan Budaya Sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene.Dibimbing oleh Ansar dan Wahira. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Gambaran budaya sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (2) Gambaran pelaksanaan budaya sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (3) Gambaran evaluasi budaya sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (4) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat budaya sekolah di SMP Negeri 1 Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan terdiri dari proses penentuan tujuan, penyusunan program atau kegiatan, dan proses pengintegrasian nilai karakter. (2) Pengorganisasian terdiri dari elemen kegiatan, jadwal kegiatan, dan penanggung jawab. (3) Pelaksanaan terdiri dari pengamalan (kegiatan harian, mingguan, bulanan, incidental; kegiatan pembelajaran (KBM); program sekolah; dan kegiatan ekstrakurikuler), pelaksanaan (pembiasaan,keteladanan, spontanitas, pengkondisian, reward and punishment). (4) Pengevaluasian terdiri dari evaluasi tertulis (buku jurnal, catatan penskoran, raport) dan evaluasi non tulis (pengamatan perilaku siswa). (5) Faktor yang mendukung penerapan budaya sekolah siswa diantaranya dukungan pemerintah, sumberdaya manusia (SDM) yang memadai, sarana dan prasarana atau fasilitas sekolah yang lengkap, kegiatan yang sudah terprogram, rasa kekeluargaan yang tinggi, dan dukungan dari semua warga sekolah, dari orang tua/ wali murid, dan masyarakatsekitar. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat penerapan budaya sekolah siswa meliputi terbatasnya kontrol dari sekolah setelah siswa pulang sekolah, pengaruh media, kurangnya kepedulian beberapa guru, keberagaman karakter siswa dan beberapa siswa yang susah diatur, serta lingkungan tempat tinggal siswa yang kurangbaik. Kata Kunci :Pengelolaan, Budaya Sekolah
id IOS3399.19937
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:52Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:52Z
recordtype dc
_version_ 1764483845928779776
score 17.538404