PENGARUH BUDAYA BELAJAR DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GURU SDN DI KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE
Main Author: | Asmanti, Andi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19925/1/JURNAL%20ANDI%20ASMANTI%20NIM%20181051401043%20KELAS%20MAJENE%20MAMUJU.pdf http://eprints.unm.ac.id/19925/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Deskripsi budaya belajar, pengelolaan kelas, dan efektivitas pembelajaran guru SDN di Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (2) Pengaruh budaya belajar berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran guru SDN di Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (3) Pengaruh pengelolaan kelas berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran guru SDN di Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (4) Pengaruh budaya belajar dan pengelolaan kelas secara simultan terhadap efektivitas pembelajaran guruSDN di Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional karena berusaha memaparkan hubungan berbagai variable yang mempengaruhi keadaan tanpa memanipulasi variable tersebut. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh budaya belajar dan pengelolaan kelas terhadap efektivitas pembelajaran guru SDN di Kecamatan Sendana Kabupaten Majene dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Gambaran budaya belajar berada pada kategori tinggi, pengelolaan kelas berada kategori tinggi dan pengelolaan kelas berada pada kategori tinggi. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya belajar terhadap efektivitas pembelajaran guru SDN di Kecamatan Sendana Kabupaten Majene,. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengelolaan kelas terhadap efektivitas pembelajaran guru SDN di Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. (4) Terdapat pengaruh positif budaya belajar dan pengelolaan kelas secara bersama-sama (simultan) dengan efektivitas pembelajaran guru SDN di Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Kata Kunci : Budaya Belajar, Pengelolaan Kelas, Efektivitas Pembelajaran Guru.