PENERAPAN METODE DRILL PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI SISWA DALAM PADUAN SUARA DI SMK NEGERI 2 MAROS
Main Author: | Wahyuni, Sri syukur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19863/1/jurnal.pdf http://eprints.unm.ac.id/19863/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dokumentasi dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terbagi dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa. berdasarkan hasil penelitian disiklus 1 hanya 55% siswa yang mencapai kategori nilai baik, dan sangat baik (>70) kemudian meningkat pada hasil penelitian disiklus 2 dengan mencapai indikator keberhasilan yakni 80% siswa sudah mencapai nilai baik, dan sangat baik (>70) . perilaku siswa juga memiliki perubahan yang positif dalam proses pelatihan. Kata Kunci : Metode drill, Paduan Suara