Inovasi Pembelajaran Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid 19
Main Authors: | Sasmita, Fira Ayu, Swartika, Fany, Hasan, Muhammad, Arisah, Nur, Alisyahbana, Andi Naila Quin Azisah |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19823/1/Fira%20Ayu%20Sasmita.pdf http://eprints.unm.ac.id/19823/ |
Daftar Isi:
- Pandemi Covid-19 berdampak pada seluruh sektor kehidupan manusia tak terkecuali sektor pendidikan. Pademi Covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran tatap muka. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Penulisan artikel ini ditujukan untuk mengkaji dampak Covid-19 bagi perguruan tinggi, masalah pembelajaran daring perguruan tinggi dan inovasi pembelajaran yang dilakukan perguruan tinggi guna menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif. Penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam kajian ini bersumber dari beberapa sumber data resmi yaitu sumber data sekunder yang diperoleh melalui kajian buku, jurnal dan tulisan-tulisan resmi terbitan pemerintah dan lembaga-lembaga lain. Hasil kajian ini menunjukan bahwa inovasi pembelajaran daring lebih banyak mengarah ke media pembelajaran yang digunakan. Terdapat berbagai aplikasi yang digunakan oleh lembaga pendidikan tinggi sebagai media pembelajaran daring. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia juga berinovasi meluncurkan System and Apliccatioan Management untuk memudahkan pelaksanaanya pembelajaran.