Implementasi Model Pembelajaran E-Learning Creativity Pada Masa Pandemi

Main Authors: Hutamy, Ericha Tiara, Mila, Nur, Sasmita, Fira Ayu, Alwi, M. Rasdul, Alisyahbana, Andi Naila Quin Azisah, Hasan, Muhammad
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19822/1/Ericha%20Tiara%20Hutamy.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19822/
Daftar Isi:
  • Pandemi covid 19 memberikan dampak yang besar bagi segala aktivitas saat ini. Sistem belajar mengajar yang berubah diganti dengan sistem pengajaran secara online, sehingga menuntut metode pembelajaran e-learning sebagai solusi proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk; (1) Menjabarkan model pembelajaran berbasis e- learning creativity di masa pandemi. (2) Menjabarkan bagaimana mengimplementasikan model pembelajaran e-learning creativity di masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang diperoleh dari berbagai akses baik dari data pengalaman langsung kegiatan e-learning selama hampir satu tahun ini, artikel jurnal, media masa dan media online resmi lainnya. Implementasi model pembelajaran e-learning creativity (ELC) terbagi menjadi 3 tahapan yaitu listening learning team, discussion learning team dan quiz learning team. Listening learning team adalah model pembelajaran yang beracuan bagaimana melatih mahasiswa untuk fokus terhadap fenomena sekitar dengan menyimak video yang berkaitan dengan pembelajaran yang diberikan oleh dosen. Discussion learning team beracuan pada keaktifan belajar mahasiswa dalam melakukan diskusi secara berkelompok. Sedangkan quiz learning team beracu pada proses menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya. Implementasi model pembelajaran e-learning creativity (ELC) akan membuat pembelajaran menjadi menarik, seru, menantang dan menyenangkan. Disamping itu, transfer ilmu antara dosen dan mahasiswa bisa terlaksanakan dengan baik.