PENGARUH PENERAPAN METODE READING ALOUD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Main Author: Jumaeda, Jumaeda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19767/1/JURNAL%20METODE%20READING%20ALOUD%20JUMAEDA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19767/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar. Masalah yang sering di dapatkan di sekolah dasar adalah guru masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa hanya berperan secara pasif dan guru lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa hanya menerima informasi dari guru. Salah satu metode yang baik digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu metode reading aloud bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Pengaruh Penerapan Metode Reading Aloud Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar, Mengetahui gambaran keterampilan membaca siswa sebelum dan setelah penerapan metode reading aloud membaca nyaring kelas II Sekolah Dasar dan mengetahui pengaruh penerapan metode reading aloud membaca nyaring terhadap keterampilan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimental Desain. Variabel bebas dalam penelitian ini metode reading aloud sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca siswa. Jumlah populasi yaitu 15 siswa dari seluruh siswa kelas II. Sampel penelitian dipilih dengan teknik simple jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Paired Sample Test dengan menggunakan sistem IBM SPSS Statistic Version 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (a) metode reading aloud dapat diterapkan dengan baik oleh guru dan terlaksana sesuai dengan tahap yang seharusnya, (b) Keterampilan membaca sebelum dan sesudah penggunaan metode reading aloud membaca nyaring terjadi peningkatan. Penerapan metode reading aloud membaca nyaring berpengaruh dan signifikan terhadap keterampilan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar. Kata kunci: Keterampilan Membaca , Metode Reading Aloud.