PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 138 INPRES MANGULABBE KECAMATAN MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR
Main Author: | Ramdana, Nelly |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19763/1/ARTIKEL_NELLY%20RAMDANA.pdf http://eprints.unm.ac.id/19763/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe; (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe, dan (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran model pembelajaran kooperatif tipe Picture and picture IPA kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe; (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe, dan (3) Untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Picture and picture pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Desing. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Picture and picture sedangkan variabel terikatnya adalah penguasaan hasil belajar. Jumlah populasi yaitu 42 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan cara Simple random sampling. Teknik pengumpulan data dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-normalitas dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and picture dengan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture.