Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang
Main Authors: | Asrul Sultan, Muhammad, Nurjannah, Nurjannah, Paurru, Tri Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19725/1/JURNAL%20TRI%20PUTRI%20PAURRU%201647142020.pdf http://eprints.unm.ac.id/19725/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran visual, auditory, kinesthetic terhadap peningkatan hasil belajar IPA di SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain Pre-experimental dalam bentuk One�Group Pretest-Posttest Design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Pada pengujian hipotesis dalam analisis statistik inferensial menggunakan uji Paired Sample T-Test. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran visual, auditory, kinesthetic mampu meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang. Kata kunci : VAK, IPA