Analisis Kesiapan dan Proses Pembelajaran E-learning pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SPF SDN 53 Lajarella Kabupaten Soppeng

Main Authors: Djabba, Rasmi, Muslimin, Muslimin, Sulfiana, Sulfiana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19660/1/JURNAL%20%281647140017-SULFIANA%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19660/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui 1) Kesiapan pembelajaran E-learning pada masa pandemi Covid-19 di UPTD SPF SDN 53 Lajarella Kabupaten Soppeng; 2) Proses pembelajaran E-learning pada masa pandemi Covid-19 di UPTD SPF SDN 53 Lajarella Kabupaten Soppeng. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yang merupakan seluruh guru kelas di UPTD SPF SDN 53 Lajarella. Data hasil penelitian diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kesiapan pembelajaran Elearning termasuk dalam kategori cukup dengan persentase 83,33% dan kategori baik dengan persentase 16,67%. Sedangkan proses pembelajaran E-learning dilaksanakan dengan pemberian tugas kepada siswa, dimana waktu pengumpulan tugas tidak menentu sesuai dengan kondisi siswa. Perubahan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran E-learning membawa dampak bagi proses pembelajaran. Guru lebih memilih pembelajaran tatap muka dibandingkan pembelajaran E-learning. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan kesiapan pembelajaran E-learning di UPTD SPF SDN 53 Lajarella Kabupaten Soppeng termasuk dalam kategori cukup dengan persentase 83,33%. Pada proses pembelajaran E-learnig terdapat banyak kesulitan yang dialami oleh guru sehingga mereka lebih memilih pembelajaran tatap muka dibandingkan pembelajaran E-learning. Kata Kunci: pembelajaran E-learning, kesiapan, pandemi Covid-19