Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Sumber Energi Siswa Kelas IV UPT SD Negeri Inpres Karawa Kabupaten Pinrang

Main Author: Nurhalizah, Sitti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19632/1/Jurnal%20Sitti%20Nurhalizah.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19632/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri Inpres Karawa Kabupaten Pinrang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada materi sumber energi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Prosedur pelaksanaan tindakan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe mind mapping dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pada materi sumber energi siswa kelas IV UPT SD Negeri Inpres Karawa Kabupaten Pinrang. Kata kunci: Model Pembelajaran Tipe Mind Mapping, Hasil Belajar