IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN KURIKULUM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 LUWU TIMUR KECAMATAN MALILI
Main Author: | Anwar, Haerul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19624/1/ARTIKEL.pdf http://eprints.unm.ac.id/19624/ |
ctrlnum |
19624 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19624/</relation><title>IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN
KURIKULUM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 LUWU TIMUR KECAMATAN MALILI</title><creator>Anwar, Haerul</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi manajemen berbasis
sekolah pada penerepan aspek otonoi, kemandirian, partisipasi, transparansi, akuntabilitas, dan
faktor-faktor yang pendukung dan penghambatnya dalam pengelolaan kurikulum di SMK Negeri 1
Luwu Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan yang menjadi informan adalah
wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Plt. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang hubungan
industri, ketua komite sekolah, dan salah satu mitra sekolah. Data dikumpulkan menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif 
kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimulan atau
verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan aspek otonomi dalam pengelolaan kurikulum di
SMK Negeri 1 Luwu Timur terdiri dari beberapa dimensi yakni: (a) penerapan aspek Otonomi telah
dijalankan dengan indikator sekolah membentuk tim pengembang kurikulum dengan melibatkan
unsur komite sekolah dan unsur mitra sekolah dengan menjalankan peran masing-masing, sekolah
menjalankan kewenangannya dalam penyusunan kurikulum dan program pengajaran sebagaimana
mestinya sesuai dengan pedoman dan peraturan perundangan yang berlaku. (b) Penerapan aspek
kemandirian telah dijalankan dalam mengelola dan memenuhi kebutuhan sumberdayanya baik dari
segi tenaga pendidik dan pendidikannya serta sarana dan prasarananya. (c) Penerapan aspek
partisipasi juga telah dijalankan dengan kehadiran komite sekolah yang dikukuhkan melalui surat
keputusan kepala sekolah dan dijalankan dengan cukup baik. (d) Penerapan aspek kemitraan
terlaksana dengan menggandeng dunia usaha/industri untuk terlibat dalam pengembangan
pendidikan di sekolah seperti pada pelaksanaan praktek kerja industri. (e) Penerapan aspek
transparansi di sekolah melalui penyediaan akses informasi berupa website sekolah serta
penyediaan papan-papan informasi di sekolah. (f) Penerapan aspek akuntabilitas dijalankan melalui
proses laporan pertanggungjawaban secara administratif yang dilaporkan secara berkala kepada
dinas pendidikan terkait, serta pelaporan pertanggungjawaban kegiatan yang dilaksanakan dalam
rapat laporan pertanggungjawaban kegiatan.</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19624/1/ARTIKEL.pdf</identifier><identifier> Anwar, Haerul (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN KURIKULUM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 LUWU TIMUR KECAMATAN MALILI. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19624</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Anwar, Haerul |
title |
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN
KURIKULUM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 LUWU TIMUR KECAMATAN MALILI |
publishDate |
2021 |
topic |
ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/19624/1/ARTIKEL.pdf http://eprints.unm.ac.id/19624/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi manajemen berbasis
sekolah pada penerepan aspek otonoi, kemandirian, partisipasi, transparansi, akuntabilitas, dan
faktor-faktor yang pendukung dan penghambatnya dalam pengelolaan kurikulum di SMK Negeri 1
Luwu Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan yang menjadi informan adalah
wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Plt. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang hubungan
industri, ketua komite sekolah, dan salah satu mitra sekolah. Data dikumpulkan menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif
kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimulan atau
verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan aspek otonomi dalam pengelolaan kurikulum di
SMK Negeri 1 Luwu Timur terdiri dari beberapa dimensi yakni: (a) penerapan aspek Otonomi telah
dijalankan dengan indikator sekolah membentuk tim pengembang kurikulum dengan melibatkan
unsur komite sekolah dan unsur mitra sekolah dengan menjalankan peran masing-masing, sekolah
menjalankan kewenangannya dalam penyusunan kurikulum dan program pengajaran sebagaimana
mestinya sesuai dengan pedoman dan peraturan perundangan yang berlaku. (b) Penerapan aspek
kemandirian telah dijalankan dalam mengelola dan memenuhi kebutuhan sumberdayanya baik dari
segi tenaga pendidik dan pendidikannya serta sarana dan prasarananya. (c) Penerapan aspek
partisipasi juga telah dijalankan dengan kehadiran komite sekolah yang dikukuhkan melalui surat
keputusan kepala sekolah dan dijalankan dengan cukup baik. (d) Penerapan aspek kemitraan
terlaksana dengan menggandeng dunia usaha/industri untuk terlibat dalam pengembangan
pendidikan di sekolah seperti pada pelaksanaan praktek kerja industri. (e) Penerapan aspek
transparansi di sekolah melalui penyediaan akses informasi berupa website sekolah serta
penyediaan papan-papan informasi di sekolah. (f) Penerapan aspek akuntabilitas dijalankan melalui
proses laporan pertanggungjawaban secara administratif yang dilaporkan secara berkala kepada
dinas pendidikan terkait, serta pelaporan pertanggungjawaban kegiatan yang dilaksanakan dalam
rapat laporan pertanggungjawaban kegiatan. |
id |
IOS3399.19624 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:49Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:49Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483844716625920 |
score |
17.538404 |