Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 351 Kawasan Amma Towa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba
Main Author: | Salmawati, Salmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19619/1/ARTIKEL%20SALMAWATI.pdf http://eprints.unm.ac.id/19619/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 351 Kawasan Amma Towa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 351 Kawasan Amma Towa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 351 Kawasan Amma Towa sebanyak 19 orang yang terdiri dari 6 laki-laki dan 13 perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru sebagai pengajar. Teknik pengumpulan data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan ketuntasan belajar siklus I pada kategori Tidak Tuntas (TT) sedangkan siklus II pencapaian ketuntasan berada pada kategori Tuntas (T). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 351 Kawasan Amma Towa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba.