PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
Main Authors: | Ramadan, Rizki, Ratmawati T, Ratmawati T, Mus, Sumarlin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19577/1/ARTIKEL_RIZKI%20RAMADAN%20%281643041026%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/19577/ |
ctrlnum |
19577 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19577/</relation><title>PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP
PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU</title><creator>Ramadan, Rizki</creator><creator>Ratmawati T, Ratmawati T</creator><creator>Mus, Sumarlin</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)</subject><description>Penelitian ini menjabarkan tentang pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap peningkatan
kompetensi professional guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Penelitian
ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran supervisi akademik kepala sekolah di SMA/MA seKecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan, (2) Untuk mengetahui gambaran kompetensi professional
guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan, (3) Untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh positif supervisi akademik kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi
profesionalisme guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Metode penelitian
yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan Jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh guru SMA/MA se-Kecamatan Siompu. Teknik penentuan sampel yaitu
simple random sampling dengan jumlah sampel yaitu 59 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Gambaran supervisi akademik kepala sekolah di SMA/MA se-Kecamatan
Siompu Kabupaten Buton Selatan berada pada kategori efektif, (2) Gambaran kompetensi professional
guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan berada pada kategori tinggi, (3)
Terdapat pengaruh positif sebesar 52,8% antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap
peningkatan kompetensi profesionalisme guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton
Selatan.
Kata kunci : Supervisi akademik, kompetensi guru dan profesionalisme</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19577/1/ARTIKEL_RIZKI%20RAMADAN%20%281643041026%29.pdf</identifier><identifier> Ramadan, Rizki and Ratmawati T, Ratmawati T and Mus, Sumarlin (2021) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19577</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ramadan, Rizki Ratmawati T, Ratmawati T Mus, Sumarlin |
title |
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP
PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU |
publishDate |
2021 |
isbn |
281643041026 |
topic |
ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/19577/1/ARTIKEL_RIZKI%20RAMADAN%20%281643041026%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/19577/ |
contents |
Penelitian ini menjabarkan tentang pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap peningkatan
kompetensi professional guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Penelitian
ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran supervisi akademik kepala sekolah di SMA/MA seKecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan, (2) Untuk mengetahui gambaran kompetensi professional
guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan, (3) Untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh positif supervisi akademik kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi
profesionalisme guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Metode penelitian
yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan Jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh guru SMA/MA se-Kecamatan Siompu. Teknik penentuan sampel yaitu
simple random sampling dengan jumlah sampel yaitu 59 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Gambaran supervisi akademik kepala sekolah di SMA/MA se-Kecamatan
Siompu Kabupaten Buton Selatan berada pada kategori efektif, (2) Gambaran kompetensi professional
guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan berada pada kategori tinggi, (3)
Terdapat pengaruh positif sebesar 52,8% antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap
peningkatan kompetensi profesionalisme guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton
Selatan.
Kata kunci : Supervisi akademik, kompetensi guru dan profesionalisme |
id |
IOS3399.19577 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:48Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:48Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483844603379712 |
score |
17.538404 |