PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

Main Authors: Ramadan, Rizki, Ratmawati T, Ratmawati T, Mus, Sumarlin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19577/1/ARTIKEL_RIZKI%20RAMADAN%20%281643041026%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19577/
ctrlnum 19577
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19577/</relation><title>PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP&#xD; PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU</title><creator>Ramadan, Rizki</creator><creator>Ratmawati T, Ratmawati T</creator><creator>Mus, Sumarlin</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)</subject><description>Penelitian ini menjabarkan tentang pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap peningkatan&#xD; kompetensi professional guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Penelitian&#xD; ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran supervisi akademik kepala sekolah di SMA/MA seKecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan, (2) Untuk mengetahui gambaran kompetensi professional&#xD; guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan, (3) Untuk mengetahui seberapa&#xD; besar pengaruh positif supervisi akademik kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi&#xD; profesionalisme guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Metode penelitian&#xD; yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan Jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam&#xD; penelitian ini yaitu seluruh guru SMA/MA se-Kecamatan Siompu. Teknik penentuan sampel yaitu&#xD; simple random sampling dengan jumlah sampel yaitu 59 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan&#xD; angket, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian&#xD; menunjukkan bahwa (1) Gambaran supervisi akademik kepala sekolah di SMA/MA se-Kecamatan&#xD; Siompu Kabupaten Buton Selatan berada pada kategori efektif, (2) Gambaran kompetensi professional&#xD; guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan berada pada kategori tinggi, (3)&#xD; Terdapat pengaruh positif sebesar 52,8% antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap&#xD; peningkatan kompetensi profesionalisme guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton&#xD; Selatan.&#xD; Kata kunci : Supervisi akademik, kompetensi guru dan profesionalisme</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19577/1/ARTIKEL_RIZKI%20RAMADAN%20%281643041026%29.pdf</identifier><identifier> Ramadan, Rizki and Ratmawati T, Ratmawati T and Mus, Sumarlin (2021) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19577</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ramadan, Rizki
Ratmawati T, Ratmawati T
Mus, Sumarlin
title PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
publishDate 2021
isbn 281643041026
topic ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/19577/1/ARTIKEL_RIZKI%20RAMADAN%20%281643041026%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19577/
contents Penelitian ini menjabarkan tentang pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi professional guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran supervisi akademik kepala sekolah di SMA/MA seKecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan, (2) Untuk mengetahui gambaran kompetensi professional guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan, (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh positif supervisi akademik kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi profesionalisme guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan Jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru SMA/MA se-Kecamatan Siompu. Teknik penentuan sampel yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel yaitu 59 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran supervisi akademik kepala sekolah di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan berada pada kategori efektif, (2) Gambaran kompetensi professional guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan berada pada kategori tinggi, (3) Terdapat pengaruh positif sebesar 52,8% antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi profesionalisme guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Kata kunci : Supervisi akademik, kompetensi guru dan profesionalisme
id IOS3399.19577
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:48Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:48Z
recordtype dc
_version_ 1764483844603379712
score 17.538404