Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1 Kota Makassar

Main Authors: Syamsiah D., Syamsiah D., Faisal, Muh., Nurhaedah, Nurhaedah
Format: Research NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19569/1/PNBP%202017.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19569/2/peer%20reviewer%20PNBP%202017.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19569/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menelaah tentang pengaruh metode PQ4R terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan metode PQ4R pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar bahasa Indonesia sebelum dan setelah menggunakan metode PQ4R. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode PQ4R terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan menggunakan desain pre-experimental dalam bentuk one- group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel yakni 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan pengujian t-test yakni dengan jenis paired sample t-test melalui bantuan SPSS. Pada analisis deskriptif, hasil belajar siswa menggunakan tes hasil belajar sebelum {pretest) tergolong sangat kurang dan setelah pembelajaran (posttest) dengan menggunakan metode PQ4R tergolong cukup. Pada analisis inferensial, hasil uji paired sample t- test dengan menggunakan bantuan SPSS menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat menjawab hipotesis yaitu Ho ditolak yang berarti penggunaan metode PQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1 Kota Makassar.