PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA KELAS V SD NEGERI 224 PALLAWA KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG
Main Author: | Dwiyanti, Wiwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19547/1/ARTIKEL%20ILMIAH%20WIWI%20DWIYANTI.pdf http://eprints.unm.ac.id/19547/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk memberikan gambaran hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token pada siswa kelas V SD Negeri 224 Pallawa Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 224 Pallawa Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng sebanyak satu kelas dan sampelnya adalah kelas V dengan jumlah 14 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar IPA. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Time Token berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa pada kelas V SD Negeri 224 Pallawa Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Kata kunci: Hasil belajar IPA, model pembelajaran tipe Time Token