ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR
Main Author: | Ruhana, Ruhana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19528/1/artikelAnalisis%20Kesulitan%20Belajar%20Bahasa%20Arab%20Siswa%20Kelas%20XI%20SMA%20Muhammadiyah%20Makassar.pdf http://eprints.unm.ac.id/19528/ |
ctrlnum |
19528 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19528/</relation><title>ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA
MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR</title><creator>Ruhana, Ruhana</creator><subject>FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menganalisis tingkat kesulitan
belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar dan
mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes
diagnostik, angket dan wawancara. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar yang berjumlah 40 siswa dan merupakan sampel total.
Hasil analisis data menunjukkan tingkat kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah
1 UNISMUH Makassar sangat tinggi yakni siswa yang memperoleh nilai antara 0-49 sebanyak
26 siswa yaitu sekitar 65%. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa yakni beberapa
faktor, di antaranya faktor internal, yaitu: 1) Kurangnya motivasi belajar siswa, 2) Kurangnya
kemampuan siswa dalam memahami materi, serta 3) Kurangnya minat belajar siswa. Adapun
faktor eksternal, yaitu: 1) Kurangnya motivasi belajar dari guru serta media pembelajaran yang
monoton, 2) Sarana dan prasarana sekolah, dan 3) Kurangnya penunjang belajar siswa dan
kegiatan yang berkaitan dengan bahasa Arab di luar jam pelajaran.
Kata kunci : Analisis, Kesulitan belajar, bahasa Arab</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19528/1/artikelAnalisis%20Kesulitan%20Belajar%20Bahasa%20Arab%20Siswa%20Kelas%20XI%20SMA%20Muhammadiyah%20Makassar.pdf</identifier><identifier> Ruhana, Ruhana (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19528</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ruhana, Ruhana |
title |
ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA
MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR |
publishDate |
2020 |
topic |
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
url |
http://eprints.unm.ac.id/19528/1/artikelAnalisis%20Kesulitan%20Belajar%20Bahasa%20Arab%20Siswa%20Kelas%20XI%20SMA%20Muhammadiyah%20Makassar.pdf http://eprints.unm.ac.id/19528/ |
contents |
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menganalisis tingkat kesulitan
belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar dan
mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes
diagnostik, angket dan wawancara. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar yang berjumlah 40 siswa dan merupakan sampel total.
Hasil analisis data menunjukkan tingkat kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah
1 UNISMUH Makassar sangat tinggi yakni siswa yang memperoleh nilai antara 0-49 sebanyak
26 siswa yaitu sekitar 65%. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa yakni beberapa
faktor, di antaranya faktor internal, yaitu: 1) Kurangnya motivasi belajar siswa, 2) Kurangnya
kemampuan siswa dalam memahami materi, serta 3) Kurangnya minat belajar siswa. Adapun
faktor eksternal, yaitu: 1) Kurangnya motivasi belajar dari guru serta media pembelajaran yang
monoton, 2) Sarana dan prasarana sekolah, dan 3) Kurangnya penunjang belajar siswa dan
kegiatan yang berkaitan dengan bahasa Arab di luar jam pelajaran.
Kata kunci : Analisis, Kesulitan belajar, bahasa Arab |
id |
IOS3399.19528 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:47Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483844492230656 |
score |
17.538404 |