ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR

Main Author: Ruhana, Ruhana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19528/1/artikelAnalisis%20Kesulitan%20Belajar%20Bahasa%20Arab%20Siswa%20Kelas%20XI%20SMA%20Muhammadiyah%20Makassar.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19528/
ctrlnum 19528
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19528/</relation><title>ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA&#xD; MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR</title><creator>Ruhana, Ruhana</creator><subject>FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menganalisis tingkat kesulitan&#xD; belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar dan&#xD; mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI SMA&#xD; Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes&#xD; diagnostik, angket dan wawancara. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI SMA&#xD; Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar yang berjumlah 40 siswa dan merupakan sampel total.&#xD; Hasil analisis data menunjukkan tingkat kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah&#xD; 1 UNISMUH Makassar sangat tinggi yakni siswa yang memperoleh nilai antara 0-49 sebanyak&#xD; 26 siswa yaitu sekitar 65%. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa yakni beberapa&#xD; faktor, di antaranya faktor internal, yaitu: 1) Kurangnya motivasi belajar siswa, 2) Kurangnya&#xD; kemampuan siswa dalam memahami materi, serta 3) Kurangnya minat belajar siswa. Adapun&#xD; faktor eksternal, yaitu: 1) Kurangnya motivasi belajar dari guru serta media pembelajaran yang&#xD; monoton, 2) Sarana dan prasarana sekolah, dan 3) Kurangnya penunjang belajar siswa dan&#xD; kegiatan yang berkaitan dengan bahasa Arab di luar jam pelajaran.&#xD; Kata kunci : Analisis, Kesulitan belajar, bahasa Arab</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19528/1/artikelAnalisis%20Kesulitan%20Belajar%20Bahasa%20Arab%20Siswa%20Kelas%20XI%20SMA%20Muhammadiyah%20Makassar.pdf</identifier><identifier> Ruhana, Ruhana (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19528</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ruhana, Ruhana
title ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR
publishDate 2020
topic FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
url http://eprints.unm.ac.id/19528/1/artikelAnalisis%20Kesulitan%20Belajar%20Bahasa%20Arab%20Siswa%20Kelas%20XI%20SMA%20Muhammadiyah%20Makassar.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19528/
contents Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menganalisis tingkat kesulitan belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes diagnostik, angket dan wawancara. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar yang berjumlah 40 siswa dan merupakan sampel total. Hasil analisis data menunjukkan tingkat kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar sangat tinggi yakni siswa yang memperoleh nilai antara 0-49 sebanyak 26 siswa yaitu sekitar 65%. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa yakni beberapa faktor, di antaranya faktor internal, yaitu: 1) Kurangnya motivasi belajar siswa, 2) Kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi, serta 3) Kurangnya minat belajar siswa. Adapun faktor eksternal, yaitu: 1) Kurangnya motivasi belajar dari guru serta media pembelajaran yang monoton, 2) Sarana dan prasarana sekolah, dan 3) Kurangnya penunjang belajar siswa dan kegiatan yang berkaitan dengan bahasa Arab di luar jam pelajaran. Kata kunci : Analisis, Kesulitan belajar, bahasa Arab
id IOS3399.19528
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:47Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:47Z
recordtype dc
_version_ 1764483844492230656
score 17.538404