Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatan Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Main Author: Saleh, Ayu Pratiwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19527/1/11.%20Artikel%20Ilmiahnya%20ayu%20%281%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19527/
ctrlnum 19527
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19527/</relation><title>Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatan&#xD; Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar</title><creator>Saleh, Ayu Pratiwi</creator><subject>PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)</subject><description>AYU PRATIWI SALEH. 2020. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan&#xD; Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas IVA Di SD&#xD; Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rapoppocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh&#xD; Hikmawati Usman, S. Pd., M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd.I.,M.A. Program Studi&#xD; Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri&#xD; Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar SBdP pada&#xD; siswa kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.&#xD; Adapun rumusan masalah dari penelitian ini ialah bagaimanakah penerapan Metode&#xD; Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran&#xD; SBdP Siswa Kelas IVA SD INPRES Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar?&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi&#xD; untuk meningkatkan kemampuan bermain pianika pada mata pelajaran SBdP siswa&#xD; kelas IVA di SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.&#xD; Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif&#xD; dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus peelitian ini&#xD; adalah penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan bermain&#xD; pianika pada mata pelajaran SBdP. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan&#xD; kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar berjumlah 20&#xD; orang siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpula data&#xD; yang digunakan ialah teknik pengamatan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data&#xD; yang digunakan ialah reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian yang terdiri dari aktivitas mengajar guru, aktivitas&#xD; belajar siswa, dan hasil belajar yang dilakukan sebanyak dua siklus,maka hasil yang&#xD; diperoleh dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada&#xD; pada kategori C (cukup) dan meningkat di siklus II dengan kategori B (baik)&#xD; sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yang berada pada kategori C (cukup)&#xD; kemudian meningkat pada siklus II dengan kategori B (baik) dan telah mencapai&#xD; indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan pencapaian yang telah&#xD; diperoleh dalam proses pembelajaran dan juga pencapaian hasil belajar pada akhir&#xD; siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran&#xD; demonstrasi dalam pembelajaran, maka hasil belajar SBdP pada siswa kelas IVA SD&#xD; Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar meningkatkan.&#xD; Kata kunci: hasil belajar, Scramble</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19527/1/11.%20Artikel%20Ilmiahnya%20ayu%20%281%29.pdf</identifier><identifier> Saleh, Ayu Pratiwi (2020) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatan Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19527</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Saleh, Ayu Pratiwi
title Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatan Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar
publishDate 2020
topic PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/19527/1/11.%20Artikel%20Ilmiahnya%20ayu%20%281%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19527/
contents AYU PRATIWI SALEH. 2020. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas IVA Di SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rapoppocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh Hikmawati Usman, S. Pd., M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd.I.,M.A. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar SBdP pada siswa kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini ialah bagaimanakah penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas IVA SD INPRES Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan bermain pianika pada mata pelajaran SBdP siswa kelas IVA di SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus peelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan bermain pianika pada mata pelajaran SBdP. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpula data yang digunakan ialah teknik pengamatan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang terdiri dari aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar yang dilakukan sebanyak dua siklus,maka hasil yang diperoleh dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori C (cukup) dan meningkat di siklus II dengan kategori B (baik) sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yang berada pada kategori C (cukup) kemudian meningkat pada siklus II dengan kategori B (baik) dan telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan pencapaian yang telah diperoleh dalam proses pembelajaran dan juga pencapaian hasil belajar pada akhir siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dalam pembelajaran, maka hasil belajar SBdP pada siswa kelas IVA SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar meningkatkan. Kata kunci: hasil belajar, Scramble
id IOS3399.19527
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:47Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:47Z
recordtype dc
_version_ 1764483844485939200
score 17.538404