Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatan Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar
Main Author: | Saleh, Ayu Pratiwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19527/1/11.%20Artikel%20Ilmiahnya%20ayu%20%281%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/19527/ |
ctrlnum |
19527 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19527/</relation><title>Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatan
Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar</title><creator>Saleh, Ayu Pratiwi</creator><subject>PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)</subject><description>AYU PRATIWI SALEH. 2020. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan
Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas IVA Di SD
Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rapoppocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh
Hikmawati Usman, S. Pd., M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd.I.,M.A. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri
Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar SBdP pada
siswa kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini ialah bagaimanakah penerapan Metode
Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran
SBdP Siswa Kelas IVA SD INPRES Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi
untuk meningkatkan kemampuan bermain pianika pada mata pelajaran SBdP siswa
kelas IVA di SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus peelitian ini
adalah penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan bermain
pianika pada mata pelajaran SBdP. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan
kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar berjumlah 20
orang siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpula data
yang digunakan ialah teknik pengamatan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan ialah reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang terdiri dari aktivitas mengajar guru, aktivitas
belajar siswa, dan hasil belajar yang dilakukan sebanyak dua siklus,maka hasil yang
diperoleh dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada
pada kategori C (cukup) dan meningkat di siklus II dengan kategori B (baik)
sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yang berada pada kategori C (cukup)
kemudian meningkat pada siklus II dengan kategori B (baik) dan telah mencapai
indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan pencapaian yang telah
diperoleh dalam proses pembelajaran dan juga pencapaian hasil belajar pada akhir
siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran
demonstrasi dalam pembelajaran, maka hasil belajar SBdP pada siswa kelas IVA SD
Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar meningkatkan.
Kata kunci: hasil belajar, Scramble</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19527/1/11.%20Artikel%20Ilmiahnya%20ayu%20%281%29.pdf</identifier><identifier> Saleh, Ayu Pratiwi (2020) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatan Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19527</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Saleh, Ayu Pratiwi |
title |
Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatan
Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar |
publishDate |
2020 |
topic |
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/19527/1/11.%20Artikel%20Ilmiahnya%20ayu%20%281%29.pdf http://eprints.unm.ac.id/19527/ |
contents |
AYU PRATIWI SALEH. 2020. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan
Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas IVA Di SD
Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rapoppocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh
Hikmawati Usman, S. Pd., M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd.I.,M.A. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri
Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar SBdP pada
siswa kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini ialah bagaimanakah penerapan Metode
Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran
SBdP Siswa Kelas IVA SD INPRES Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi
untuk meningkatkan kemampuan bermain pianika pada mata pelajaran SBdP siswa
kelas IVA di SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus peelitian ini
adalah penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan bermain
pianika pada mata pelajaran SBdP. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan
kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar berjumlah 20
orang siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpula data
yang digunakan ialah teknik pengamatan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan ialah reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang terdiri dari aktivitas mengajar guru, aktivitas
belajar siswa, dan hasil belajar yang dilakukan sebanyak dua siklus,maka hasil yang
diperoleh dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada
pada kategori C (cukup) dan meningkat di siklus II dengan kategori B (baik)
sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yang berada pada kategori C (cukup)
kemudian meningkat pada siklus II dengan kategori B (baik) dan telah mencapai
indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan pencapaian yang telah
diperoleh dalam proses pembelajaran dan juga pencapaian hasil belajar pada akhir
siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran
demonstrasi dalam pembelajaran, maka hasil belajar SBdP pada siswa kelas IVA SD
Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar meningkatkan.
Kata kunci: hasil belajar, Scramble |
id |
IOS3399.19527 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:47Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483844485939200 |
score |
17.538404 |