PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI BAHASA JERMAN (LESEVERSTEHEN) MELALUI TEKNIK CLOZE SISWA KELAS XI IBB SMA NEGERI 1 PALOPO

Main Author: Batti, Dea Sarma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19517/1/ARTIKEL%20DEA%20SARMA%20BATTI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19517/
ctrlnum 19517
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19517/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI BAHASA JERMAN&#xD; (LESEVERSTEHEN) MELALUI TEKNIK CLOZE SISWA KELAS XI IBB SMA&#xD; NEGERI 1 PALOPO</title><creator>Batti, Dea Sarma</creator><subject>Pend. Bahasa Jerman</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca memahami melalui&#xD; Teknik Cloze pada siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo tahun pelajaran 2020/2021.&#xD; penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diadakan dengan 2 siklus. Pada setiap&#xD; siklus dilakukan selama 2 kali pertemuan dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,&#xD; pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi dan evaluasi) dan refleksi. Subjek pada&#xD; pennelitian ini adalah siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo yang berjumlah 19 orang&#xD; siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Data&#xD; penelitian ini dibuat secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat&#xD; disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Jerman melalui Teknik Cloze dapat meningkatkan&#xD; kemampuan membaca memahami siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo. Hal ini terbukti&#xD; dengan ketuntasan nilai KKM 75, nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 69,73% dengan&#xD; persentase 69,73% dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 79,73 dan persentase&#xD; 79,73%. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui teknik Cloze dapat&#xD; meningkatkan kemampuan membaca memahami bahasa Jerman siswa kelas XI IBB SMA&#xD; Negeri 1 Palopo.&#xD; Kata Kunci: Kemampuan1&#xD; , Membaca Memahami2&#xD; , Teknik Cloze4</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19517/1/ARTIKEL%20DEA%20SARMA%20BATTI.pdf</identifier><identifier> Batti, Dea Sarma (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI BAHASA JERMAN (LESEVERSTEHEN) MELALUI TEKNIK CLOZE SISWA KELAS XI IBB SMA NEGERI 1 PALOPO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19517</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Batti, Dea Sarma
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI BAHASA JERMAN (LESEVERSTEHEN) MELALUI TEKNIK CLOZE SISWA KELAS XI IBB SMA NEGERI 1 PALOPO
publishDate 2021
topic Pend. Bahasa Jerman
url http://eprints.unm.ac.id/19517/1/ARTIKEL%20DEA%20SARMA%20BATTI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19517/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca memahami melalui Teknik Cloze pada siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo tahun pelajaran 2020/2021. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diadakan dengan 2 siklus. Pada setiap siklus dilakukan selama 2 kali pertemuan dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi dan evaluasi) dan refleksi. Subjek pada pennelitian ini adalah siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo yang berjumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Data penelitian ini dibuat secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Jerman melalui Teknik Cloze dapat meningkatkan kemampuan membaca memahami siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo. Hal ini terbukti dengan ketuntasan nilai KKM 75, nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 69,73% dengan persentase 69,73% dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 79,73 dan persentase 79,73%. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui teknik Cloze dapat meningkatkan kemampuan membaca memahami bahasa Jerman siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo. Kata Kunci: Kemampuan1 , Membaca Memahami2 , Teknik Cloze4
id IOS3399.19517
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:47Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:47Z
recordtype dc
_version_ 1764483844463919104
score 17.538404