PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI BAHASA JERMAN (LESEVERSTEHEN) MELALUI TEKNIK CLOZE SISWA KELAS XI IBB SMA NEGERI 1 PALOPO
Main Author: | Batti, Dea Sarma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19517/1/ARTIKEL%20DEA%20SARMA%20BATTI.pdf http://eprints.unm.ac.id/19517/ |
ctrlnum |
19517 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19517/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI BAHASA JERMAN
(LESEVERSTEHEN) MELALUI TEKNIK CLOZE SISWA KELAS XI IBB SMA
NEGERI 1 PALOPO</title><creator>Batti, Dea Sarma</creator><subject>Pend. Bahasa Jerman</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca memahami melalui
Teknik Cloze pada siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo tahun pelajaran 2020/2021.
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diadakan dengan 2 siklus. Pada setiap
siklus dilakukan selama 2 kali pertemuan dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi dan evaluasi) dan refleksi. Subjek pada
pennelitian ini adalah siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo yang berjumlah 19 orang
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Data
penelitian ini dibuat secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Jerman melalui Teknik Cloze dapat meningkatkan
kemampuan membaca memahami siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo. Hal ini terbukti
dengan ketuntasan nilai KKM 75, nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 69,73% dengan
persentase 69,73% dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 79,73 dan persentase
79,73%. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui teknik Cloze dapat
meningkatkan kemampuan membaca memahami bahasa Jerman siswa kelas XI IBB SMA
Negeri 1 Palopo.
Kata Kunci: Kemampuan1
, Membaca Memahami2
, Teknik Cloze4</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19517/1/ARTIKEL%20DEA%20SARMA%20BATTI.pdf</identifier><identifier> Batti, Dea Sarma (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI BAHASA JERMAN (LESEVERSTEHEN) MELALUI TEKNIK CLOZE SISWA KELAS XI IBB SMA NEGERI 1 PALOPO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19517</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Batti, Dea Sarma |
title |
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI BAHASA JERMAN
(LESEVERSTEHEN) MELALUI TEKNIK CLOZE SISWA KELAS XI IBB SMA
NEGERI 1 PALOPO |
publishDate |
2021 |
topic |
Pend. Bahasa Jerman |
url |
http://eprints.unm.ac.id/19517/1/ARTIKEL%20DEA%20SARMA%20BATTI.pdf http://eprints.unm.ac.id/19517/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca memahami melalui
Teknik Cloze pada siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo tahun pelajaran 2020/2021.
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diadakan dengan 2 siklus. Pada setiap
siklus dilakukan selama 2 kali pertemuan dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi dan evaluasi) dan refleksi. Subjek pada
pennelitian ini adalah siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo yang berjumlah 19 orang
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Data
penelitian ini dibuat secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Jerman melalui Teknik Cloze dapat meningkatkan
kemampuan membaca memahami siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo. Hal ini terbukti
dengan ketuntasan nilai KKM 75, nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 69,73% dengan
persentase 69,73% dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 79,73 dan persentase
79,73%. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui teknik Cloze dapat
meningkatkan kemampuan membaca memahami bahasa Jerman siswa kelas XI IBB SMA
Negeri 1 Palopo.
Kata Kunci: Kemampuan1
, Membaca Memahami2
, Teknik Cloze4 |
id |
IOS3399.19517 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:47Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483844463919104 |
score |
17.538404 |