PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN ( DISCOVERY LEARNING) DAN MINAT BELAJAR FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU
Main Author: | MUSTAMIN, MUSTAMIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19513/1/Artikel.pdf http://eprints.unm.ac.id/19513/ |
ctrlnum |
19513 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19513/</relation><title>PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN ( DISCOVERY LEARNING) 
DAN MINAT BELAJAR FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU</title><creator>MUSTAMIN, MUSTAMIN</creator><subject>FISIKA (S2)</subject><description>PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) DAN MINAT BELAJAR FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU MUSTAMIN JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA (mustaminbadawi1975gmail.com) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Apakah terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran penemuan dan peserta didik yang diberikan model pembelajaran konvensional 2) Ditinju dari minat belajar tinggi, apakah terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Barru 3) Ditinju dari minat belajar rendah, apakah terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Barru 4) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran penemuan dan minat belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Barru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok, yaitu satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruk kelas X pada SMA Negeri 5 Barru pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Pengambil sampel dengan menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA. 1 sebanyak 32 orang sebagai kelas experiment dan kela XI MIA.2 sebanyak 22 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara keseluruahan tidak terdapat</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19513/1/Artikel.pdf</identifier><identifier> MUSTAMIN, MUSTAMIN (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN ( DISCOVERY LEARNING) DAN MINAT BELAJAR FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>19513</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MUSTAMIN, MUSTAMIN |
title |
PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN ( DISCOVERY LEARNING)
DAN MINAT BELAJAR FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU |
publishDate |
2021 |
topic |
FISIKA (S2) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/19513/1/Artikel.pdf http://eprints.unm.ac.id/19513/ |
contents |
PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) DAN MINAT BELAJAR FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU MUSTAMIN JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA (mustaminbadawi1975gmail.com) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Apakah terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran penemuan dan peserta didik yang diberikan model pembelajaran konvensional 2) Ditinju dari minat belajar tinggi, apakah terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Barru 3) Ditinju dari minat belajar rendah, apakah terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Barru 4) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran penemuan dan minat belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Barru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok, yaitu satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruk kelas X pada SMA Negeri 5 Barru pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Pengambil sampel dengan menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA. 1 sebanyak 32 orang sebagai kelas experiment dan kela XI MIA.2 sebanyak 22 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara keseluruahan tidak terdapat |
id |
IOS3399.19513 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:47Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483844451336192 |
score |
17.538404 |