PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN ( DISCOVERY LEARNING) DAN MINAT BELAJAR FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU

Main Author: MUSTAMIN, MUSTAMIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19513/1/Artikel.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19513/
ctrlnum 19513
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19513/</relation><title>PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN ( DISCOVERY LEARNING) &#xD; DAN MINAT BELAJAR FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU</title><creator>MUSTAMIN, MUSTAMIN</creator><subject>FISIKA (S2)</subject><description>PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) DAN MINAT BELAJAR FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU MUSTAMIN JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA (mustaminbadawi1975gmail.com) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Apakah terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran penemuan dan peserta didik yang diberikan model pembelajaran konvensional 2) Ditinju dari minat belajar tinggi, apakah terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Barru 3) Ditinju dari minat belajar rendah, apakah terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Barru 4) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran penemuan dan minat belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Barru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok, yaitu satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruk kelas X pada SMA Negeri 5 Barru pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Pengambil sampel dengan menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA. 1 sebanyak 32 orang sebagai kelas experiment dan kela XI MIA.2 sebanyak 22 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara keseluruahan tidak terdapat</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19513/1/Artikel.pdf</identifier><identifier> MUSTAMIN, MUSTAMIN (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN ( DISCOVERY LEARNING) DAN MINAT BELAJAR FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>19513</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MUSTAMIN, MUSTAMIN
title PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN ( DISCOVERY LEARNING) DAN MINAT BELAJAR FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU
publishDate 2021
topic FISIKA (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/19513/1/Artikel.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19513/
contents PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) DAN MINAT BELAJAR FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU MUSTAMIN JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA (mustaminbadawi1975gmail.com) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Apakah terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran penemuan dan peserta didik yang diberikan model pembelajaran konvensional 2) Ditinju dari minat belajar tinggi, apakah terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Barru 3) Ditinju dari minat belajar rendah, apakah terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Barru 4) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran penemuan dan minat belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Barru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok, yaitu satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruk kelas X pada SMA Negeri 5 Barru pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Pengambil sampel dengan menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA. 1 sebanyak 32 orang sebagai kelas experiment dan kela XI MIA.2 sebanyak 22 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara keseluruahan tidak terdapat
id IOS3399.19513
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:47Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:47Z
recordtype dc
_version_ 1764483844451336192
score 17.538404