IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR

Main Authors: Tasmawati, Tasmawati, Wahira, Wahira, Mus, Sumarlin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19510/1/ARTIKEL-TASMAWATI-1643041027-AP.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19510/
ctrlnum 19510
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19510/</relation><title>IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR</title><creator>Tasmawati, Tasmawati</creator><creator>Wahira, Wahira</creator><creator>Mus, Sumarlin</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)</subject><description>Penelitian ini mengkaji tentang implementasi program literasi sekolah di SMP&#xD; Negeri 13 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran&#xD; implementasi program literasi sekolah di SMP Negeri 13 Makassar dan faktor-faktor&#xD; yang mempengaruhi implementasi program literasi sekolah. Pendekatan penelitian&#xD; ini adalah kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru,&#xD; dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah&#xD; observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model&#xD; Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan&#xD; penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.&#xD; Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi program literasi sekolah di&#xD; SMP Negeri 13 Makassar sudah berjalan sesuai dengan pedoman gerakan literasi&#xD; sekolah yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan&#xD; (Kemendikbud) yang mencakup 3 tahap yaitu pada tahap pembiasaan dilakukan&#xD; dengan menumbuhkan minat baca peserta didik melalui membaca 15 menit buku&#xD; non pelajaran dan khusus pada hari jumat dilaksanakan kegiatan baca tulis al-qur&#x2019;an,&#xD; pada tahap pengembangan dilakukan pembiasaan yang diikuti dengan tagihan yang&#xD; bersifat non akademik berupa jurnal literasi yang diisi setiap hari sebagai agenda&#xD; kegiatan literasi, dan pada tahap pembelajaran ada tagihan yang bersifat akademik.&#xD; Adapun faktor pendukung kegiatan literasi di SMP Negeri 13 Makassar yaitu&#xD; komitmen dan kerjasama, sarana dan prasarana, serta pengawasan kegiatan literasi.&#xD; Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program literasi yaitu kurangnya minat&#xD; baca peserta didik dan kurangnya ketersediaan sumber bacaan.&#xD; Kata kunci: program literasi sekolah, faktor pendukung dan penghambat</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19510/1/ARTIKEL-TASMAWATI-1643041027-AP.pdf</identifier><identifier> Tasmawati, Tasmawati and Wahira, Wahira and Mus, Sumarlin (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19510</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Tasmawati, Tasmawati
Wahira, Wahira
Mus, Sumarlin
title IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR
publishDate 2020
isbn 9781643041025
topic ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/19510/1/ARTIKEL-TASMAWATI-1643041027-AP.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19510/
contents Penelitian ini mengkaji tentang implementasi program literasi sekolah di SMP Negeri 13 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran implementasi program literasi sekolah di SMP Negeri 13 Makassar dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program literasi sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi program literasi sekolah di SMP Negeri 13 Makassar sudah berjalan sesuai dengan pedoman gerakan literasi sekolah yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mencakup 3 tahap yaitu pada tahap pembiasaan dilakukan dengan menumbuhkan minat baca peserta didik melalui membaca 15 menit buku non pelajaran dan khusus pada hari jumat dilaksanakan kegiatan baca tulis al-qur’an, pada tahap pengembangan dilakukan pembiasaan yang diikuti dengan tagihan yang bersifat non akademik berupa jurnal literasi yang diisi setiap hari sebagai agenda kegiatan literasi, dan pada tahap pembelajaran ada tagihan yang bersifat akademik. Adapun faktor pendukung kegiatan literasi di SMP Negeri 13 Makassar yaitu komitmen dan kerjasama, sarana dan prasarana, serta pengawasan kegiatan literasi. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program literasi yaitu kurangnya minat baca peserta didik dan kurangnya ketersediaan sumber bacaan. Kata kunci: program literasi sekolah, faktor pendukung dan penghambat
id IOS3399.19510
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:47Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:47Z
recordtype dc
_version_ 1764483844443996160
score 17.538404