IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR
Main Authors: | Tasmawati, Tasmawati, Wahira, Wahira, Mus, Sumarlin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19510/1/ARTIKEL-TASMAWATI-1643041027-AP.pdf http://eprints.unm.ac.id/19510/ |
ctrlnum |
19510 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19510/</relation><title>IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR</title><creator>Tasmawati, Tasmawati</creator><creator>Wahira, Wahira</creator><creator>Mus, Sumarlin</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)</subject><description>Penelitian ini mengkaji tentang implementasi program literasi sekolah di SMP
Negeri 13 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran
implementasi program literasi sekolah di SMP Negeri 13 Makassar dan faktor-faktor
yang mempengaruhi implementasi program literasi sekolah. Pendekatan penelitian
ini adalah kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru,
dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model
Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi program literasi sekolah di
SMP Negeri 13 Makassar sudah berjalan sesuai dengan pedoman gerakan literasi
sekolah yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemendikbud) yang mencakup 3 tahap yaitu pada tahap pembiasaan dilakukan
dengan menumbuhkan minat baca peserta didik melalui membaca 15 menit buku
non pelajaran dan khusus pada hari jumat dilaksanakan kegiatan baca tulis al-qur’an,
pada tahap pengembangan dilakukan pembiasaan yang diikuti dengan tagihan yang
bersifat non akademik berupa jurnal literasi yang diisi setiap hari sebagai agenda
kegiatan literasi, dan pada tahap pembelajaran ada tagihan yang bersifat akademik.
Adapun faktor pendukung kegiatan literasi di SMP Negeri 13 Makassar yaitu
komitmen dan kerjasama, sarana dan prasarana, serta pengawasan kegiatan literasi.
Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program literasi yaitu kurangnya minat
baca peserta didik dan kurangnya ketersediaan sumber bacaan.
Kata kunci: program literasi sekolah, faktor pendukung dan penghambat</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19510/1/ARTIKEL-TASMAWATI-1643041027-AP.pdf</identifier><identifier> Tasmawati, Tasmawati and Wahira, Wahira and Mus, Sumarlin (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>19510</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Tasmawati, Tasmawati Wahira, Wahira Mus, Sumarlin |
title |
IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR |
publishDate |
2020 |
isbn |
9781643041025 |
topic |
ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/19510/1/ARTIKEL-TASMAWATI-1643041027-AP.pdf http://eprints.unm.ac.id/19510/ |
contents |
Penelitian ini mengkaji tentang implementasi program literasi sekolah di SMP
Negeri 13 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran
implementasi program literasi sekolah di SMP Negeri 13 Makassar dan faktor-faktor
yang mempengaruhi implementasi program literasi sekolah. Pendekatan penelitian
ini adalah kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru,
dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model
Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi program literasi sekolah di
SMP Negeri 13 Makassar sudah berjalan sesuai dengan pedoman gerakan literasi
sekolah yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemendikbud) yang mencakup 3 tahap yaitu pada tahap pembiasaan dilakukan
dengan menumbuhkan minat baca peserta didik melalui membaca 15 menit buku
non pelajaran dan khusus pada hari jumat dilaksanakan kegiatan baca tulis al-qur’an,
pada tahap pengembangan dilakukan pembiasaan yang diikuti dengan tagihan yang
bersifat non akademik berupa jurnal literasi yang diisi setiap hari sebagai agenda
kegiatan literasi, dan pada tahap pembelajaran ada tagihan yang bersifat akademik.
Adapun faktor pendukung kegiatan literasi di SMP Negeri 13 Makassar yaitu
komitmen dan kerjasama, sarana dan prasarana, serta pengawasan kegiatan literasi.
Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program literasi yaitu kurangnya minat
baca peserta didik dan kurangnya ketersediaan sumber bacaan.
Kata kunci: program literasi sekolah, faktor pendukung dan penghambat |
id |
IOS3399.19510 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:47Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483844443996160 |
score |
17.538404 |