Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Bugis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Kelas VII C SMPN 2 Watansoppeng

Main Author: Sulviana Sar, Devy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/1947/1/Devy%20Sulviana%20Sari%2C%202016.doc
http://eprints.unm.ac.id/1947/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Devy Sulviana Sari, 1455045104. “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Bugis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Kelas VII C SMPN 2 Watansoppeng.” Skripsi.Dibimbing oleh Dr. Ramly, M.Hum. dan Dra. Nurwati Syam, M.Hum. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Penulisan skripsi ini, bertujuan untuk mengetahui efektivitas proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatiftipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa daerah Bugis kelas VII C SMPN 2 Watansoppeng. Adapun masalah penelitian ini adalah, Bagaimana Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas VII C SMPN 2 Watansoppeng. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dilakukan sebanyak dua kali tindakan yakni siklus I dan siklus II, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Tindakan yang dilakukan pada siklus I adalah pembagian kelompok yang heterogen. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni, observasi, ,tes, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di SMPN 2 Watansoppeng. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII C SMPN 2 Watansoppeng, yang jumlah siswa ada 26 orang, terdiri dari 14 putri dan 12 putra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa daerah Bugis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas VII C SMPN 2 Watansoppeng mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai tes akhir siswa pada siklus I dimana hasil belajar siswa dengan kategori rendah persentase 65,38%, dan nilai tes akhir pada siklus II meningkat dengan kategori tinggi dengan persentase 76,92%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar bahasa daerah Bugis dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), sedangkan observasi aktivitas guru dan siswa dalam kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar bahasa daerah Bugis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas VII C SMPN 2 Watansoppeng meningkat. Kata Kunci :HasilBelajarBahasa Daerah Bugis