Analisis Kesalahan Penulisan 汉 字 (HANZI) dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin Siswa Kelas VIII SMP Islam Athirah II Makassar

Main Author: Aryatri, Evie Gita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19452/1/ARTIKEL%20JURNAL%20EVIE%20FIXXMI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19452/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Islam Athirah II Makassar dalam penulisan 汉字 (Hànzì) bahasa Mandarin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan tes汉字 (Hànzì) dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kesalahan yang dikemukakan oleh Tarigan (2013). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Athirah II Makassar yang memilih pelajaran bahasa Mandarin sebagai mata pelajaran pilihan yang berjumlah 15 siswa yang menjadi sampel total dalam penelitian ini. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan penulisan汉字 (Hànzì) pada frekuensi 96 atau 64% dan 13 atau 13,57% yang merupakan kesalahan yang paling tinggi pada penulisan karakter年 (nián) yang berarti “tahun” dan pada frekuensi 1 atau 1,04% yang merupakan kesalahan yang paling rendah pada penulisan karakter三 (sān) yang berarti “tiga” dan 人 (rén) artinya “orang” serta pada frekuensi 0% yang tidak ditemukan kesalahan penulisannya pada penulisan karakter二 (èr) yang berarti “dua”. Pada pengisian angket, terdapat 7 siswa atau 46,67% yang menyatakan sulit mempelajari bahasa Mandarin, 11 atau 73,33% yang menyatakan jarang mempelajari壁画 (Bǐhuà) 笔顺 (Bǐshùn) dalam penulisan汉字 (Hànzì). Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Penulisan汉字 (Hànzì), Bahasa Mandarin