Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match Siswa SD Negeri 1 Teteaji Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang

Main Author: DARMAWATI, DARMAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/1942/1/DARMAWATI.%202014..docx
http://eprints.unm.ac.id/1942/
ctrlnum 1942
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/1942/</relation><title>Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match Siswa SD Negeri 1 Teteaji Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang</title><creator>DARMAWATI, DARMAWATI</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; DARMAWATI. 2014. Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match Siswa SD Negeri 1 Teteaji Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. (dibimbing oleh Hj. Johar Amir dan Azis)&#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan mengkaji model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di kelas II SD Negeri 1 Teteaji. penelitiannya adalah aktivitas siswa dan aktivitas guru kelas II SD Negeri 1 Teteaji dalam menerapkan model kooperatif tipe Make A Match. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. data penelitian diambil dari aktivitas guru dan aktivitas siswa. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes wawancara, dan tes berbicara. analisis data dilaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Make A Match. data hasil skor ditranskrip dalam bentuk tabel. &#xD; Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. masing-masing terdiri atas tiga tahapan yaitu pengamatan, tindakan, dan refleksi. berdasarkan analisis data, diperoleh hasil pembelajaran model kooperatif tipe Make A Match di kelas II SD Negeri 1 Teteaji dapat meningkatkan minat, semangat, dan antusias siswa dalam proses pembelajaran. kemampuan berbicara baik dari aspek ketepatan pengucapan, pemparafrasean, kelancaran, dan pemahaman terdapat peningkatan. peningkatan yang tertinggi diperoleh pada aspek kelancaran sedangkan peningkatan terendah diperoleh pada aspek penekanan pengucapan. dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara di kelas dengan baik maka guru dapat menerapkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Make A Match di kelas dengan baik, sehingga siswa dapat lebih senang dan berminat dalam belajar bahasa indonesia.&#xD; Ada peningkatan yang terjadi dari siklus pertama hanya 13,33% meningkat di siklus kedua 86,67% ini menandakan peningkatan yang sangat bagus.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; ABSTRACT &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; DARMAWATI. 2014. The Enhancement of Speaking Skills through Cooperative Model of Make A Match Type of Students in SDN 1 Teteaji of Tellu Limpoe Subdistrict In Sidenreng Rappang District (Supervised by Johar Amir and Azis).&#xD; &#xD; The research aims at studying cooperative learning model of Make A Match type in class II at SDN I Teteaji. The study focuses on students and teacher&#x2019;s activities which applies cooperative model of Make A Match type. The study is a classroom action research. The data were taken from students and teacher&#x2019;s activities. Data were colletcted through observation, interview test, and speaking test. The results of the data were transcribed in a form of a table. The study was conducted in two cycles and each of the cycles consisted of three phases, namely obsevation, action, and reflection. The result of the study revealed that the cooperative learning model of Make A Match type in class II at SDN I Teteaji can Improve the interest, motivation, and enthusiasm of students in learning process. Speaking skills from the aspects of pronunciation, paraphrasing, fluency, and comprehension were improved. The highest improvement was obtained on the aspect of fluency; whereas, the lowest improvement ws on the aspect of stress of pronunciation. The improvement in the first cycle was 13.33% and improved in the second cycle by 86.67% which proved that the improvement was very good. Based on the results, it is suggested that students should apply cooperative learning model of Make A Match type, so student will enjoy and have iinterest in learning Bahasa Indonesia.</description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/1942/1/DARMAWATI.%202014..docx</identifier><identifier> DARMAWATI, DARMAWATI (2013) Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match Siswa SD Negeri 1 Teteaji Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>1942</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DARMAWATI, DARMAWATI
title Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match Siswa SD Negeri 1 Teteaji Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang
publishDate 2013
topic Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/1942/1/DARMAWATI.%202014..docx
http://eprints.unm.ac.id/1942/
contents ABSTRAK DARMAWATI. 2014. Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match Siswa SD Negeri 1 Teteaji Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. (dibimbing oleh Hj. Johar Amir dan Azis) Penelitian ini bertujuan mengkaji model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di kelas II SD Negeri 1 Teteaji. penelitiannya adalah aktivitas siswa dan aktivitas guru kelas II SD Negeri 1 Teteaji dalam menerapkan model kooperatif tipe Make A Match. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. data penelitian diambil dari aktivitas guru dan aktivitas siswa. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes wawancara, dan tes berbicara. analisis data dilaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Make A Match. data hasil skor ditranskrip dalam bentuk tabel. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. masing-masing terdiri atas tiga tahapan yaitu pengamatan, tindakan, dan refleksi. berdasarkan analisis data, diperoleh hasil pembelajaran model kooperatif tipe Make A Match di kelas II SD Negeri 1 Teteaji dapat meningkatkan minat, semangat, dan antusias siswa dalam proses pembelajaran. kemampuan berbicara baik dari aspek ketepatan pengucapan, pemparafrasean, kelancaran, dan pemahaman terdapat peningkatan. peningkatan yang tertinggi diperoleh pada aspek kelancaran sedangkan peningkatan terendah diperoleh pada aspek penekanan pengucapan. dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara di kelas dengan baik maka guru dapat menerapkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Make A Match di kelas dengan baik, sehingga siswa dapat lebih senang dan berminat dalam belajar bahasa indonesia. Ada peningkatan yang terjadi dari siklus pertama hanya 13,33% meningkat di siklus kedua 86,67% ini menandakan peningkatan yang sangat bagus. ABSTRACT DARMAWATI. 2014. The Enhancement of Speaking Skills through Cooperative Model of Make A Match Type of Students in SDN 1 Teteaji of Tellu Limpoe Subdistrict In Sidenreng Rappang District (Supervised by Johar Amir and Azis). The research aims at studying cooperative learning model of Make A Match type in class II at SDN I Teteaji. The study focuses on students and teacher’s activities which applies cooperative model of Make A Match type. The study is a classroom action research. The data were taken from students and teacher’s activities. Data were colletcted through observation, interview test, and speaking test. The results of the data were transcribed in a form of a table. The study was conducted in two cycles and each of the cycles consisted of three phases, namely obsevation, action, and reflection. The result of the study revealed that the cooperative learning model of Make A Match type in class II at SDN I Teteaji can Improve the interest, motivation, and enthusiasm of students in learning process. Speaking skills from the aspects of pronunciation, paraphrasing, fluency, and comprehension were improved. The highest improvement was obtained on the aspect of fluency; whereas, the lowest improvement ws on the aspect of stress of pronunciation. The improvement in the first cycle was 13.33% and improved in the second cycle by 86.67% which proved that the improvement was very good. Based on the results, it is suggested that students should apply cooperative learning model of Make A Match type, so student will enjoy and have iinterest in learning Bahasa Indonesia.
id IOS3399.1942
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2017-02-25T18:46:55Z
last_indexed 2017-02-25T18:46:55Z
recordtype dc
_version_ 1764483731351928832
score 17.538404