ANALISIS HASIL BELAJAR FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK NEGERI 1 BULUKUMBA

Main Author: Chair, Ichwanul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19418/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19418/
Daftar Isi:
  • THE IMPROVEMENT OF LEARNING OUTCOMES FOREHAND IN TABLE TENNIS THROUGH IMPLEMENTATION OF STUDENTS'AUDIO VISUAL MEDIA AT SMK NEGERI 1 BULUKUMBA ABSTRAK Ichwanul Chair. 2020. Analisis Hasil Belajar Forehand dalam Permainan Tenismeja Melalui Penerapan Media Audio Visual pada Siswa Kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Bulukumba. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Hj.Hasmyati dan Andi Mas Jaya AM). Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas(PTK).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar teknik forehand dalam permainan tenismeja melalui penerapan media audio visual. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bulukumba sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI TKJ I sebanyak 21 siswa. Penelitian ini menerapkan media audio visual dengan materi belajar forehand dalam permainan tenismeja. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan teknik pengambilan data keterampilan hasil belajar menggunakan instrumen lembar observasi sesuai dengan indikator pencapaian. Data hasil yang diperoleh pada siklus pertama yaitu terdapat 9 siswa pada kategori tuntas dengan persentase 42,86% sehingga pada siklus pertama dikatakan tidak tuntas . Hal ini disebabkan oleh faktor kurangnya konsentrasi siswa dan masih awam mengenai permainan tennis meja. Untuk siklus kedua terdapat 18 siswa pada kategori tuntas dengan persentase 85,71% sehingga dikatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa ada peningkatan hasil belajar teknik forehand siswa melalui penerapan media audio visual. Hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar yang meningkat yaitu dari 42,86% pada siklus 1 menjadi 85,71% pada siklus 2. Terjadinya peningkatan berdasarkan pemberian inovasi-inovasi selama proses pembelajaran. KATA KUNCI:Hasil Belajar, Teknik Forehand, Tenismeja