Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Mapala Kota Makassar

Main Authors: Nurhaedah, Nurhaedah, Amran, Muhammad
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD Kampus VI Universitas Negeri Makassar , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19398/1/JIKAP%20PGSD%20Vol%2C1.%20No%2C1.%20Tahun%202017.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19398/2/peer%20reviewer%20jurnal%20JIKAP%20Volume%201%20Nomor%201%20Maret%202017.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19398/
https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/5041
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN Mappala Kota Makassar, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksil. Populasi penelitian adalah Siswa kelas V SD Mappala Kecamatan Rappocini, Kota Makassar berjumlah 20 orang . Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan tes, wawancara langsung, pengamatan dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut; (1) dengan menggunakan pendekatan Kooperatif Tipe Snowball Trawing pada siswa kelas V SD Mappala dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, (2) siswa sudah aktif dalam pembelajaran pendekatan Kooperatif Tipe Snowball Trawing, (3) guru mampu melaksanakan pembelajaran pendekatan Kooperatif Tipe Snowball Trawing. adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Kooperatif Tipe Snowball Trawing karena siswa pada saat belajar siswa lebih aktif dalam pelaksanaan proses pembelajaran.